Cara Mengurangi Risiko Covid-19 Selama Perjalanan Menuju Kantor

21 Juni 2020 15:55 WIB
Tempat umum yang berpotensi menularkan virus corona.
Tempat umum yang berpotensi menularkan virus corona. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Ketika bisnis mulai dibuka kembali selama pandemi Covid-19, mereka dihadapkan pada tantangan menemukan cara baru untuk beroperasi untuk menjaga keselamatan karyawan mereka.

Untuk membantu bisnis dengan proses ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) baru-baru ini merilis serangkaian pedoman untuk pemilik bisnis.

Pedoman ini mencakup rekomendasi untuk bagaimana karyawan dapat tetap aman saat bepergian ke dan dari pekerjaan mereka.

Secara khusus, CDC merekomendasikan bepergian baik sendiri atau dengan seseorang yang tinggal bersama Anda jika memungkinkan.

Hindari Transportasi Umum

Panduan terbaru CDC menunjukkan bahwa menghindari transportasi umum adalah pilihan terbaik Anda dalam mencegah transmisi SARS-CoV-2.

Bimbingan mereka menggunakan bersepeda, berjalan, dan mengendarai kendaraan pribadi Anda sebagai contoh cara yang disarankan untuk bepergian.

Untuk membuat lebih banyak orang menghindari transportasi umum, CDC menyarankan agar pengusaha menawarkan insentif kepada pekerjanya.

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Tempat Umum dengan Risiko Tertinggi Penularan Covid-19

Menurut Brian Labus , PhD, MPH, asisten profesor di School of Public Health di University of Nevada, Las Vegas, kereta bawah tanah, bus, adalah tempat di mana orang tetap berhubungan dekat untuk waktu yang lama.

"Itu jelas meningkatkan risiko terkena virus corona. Dengan bepergian secara perorangan atau hanya berbagi mobil dengan orang yang tinggal bersama Anda, Anda meminimalkan paparan Anda kepada orang lain dan mengurangi risiko penyakit," ujarnya.

Namun, beberapa ahli khawatir perubahan kebijakan ini akan meningkatkan kemacetan lalu lintas yang parah. Ini juga bisa membalikkan keuntungan yang telah dicapai dalam mengurangi emisi karbon.

CDC mengatakan ada yang pasti rekomendasi umum yang bisa digunakan untuk mencegah penularan virus corona saat perjalanan menuju ke kantor:

  1. Cuci tangan Anda setidaknya selama 20 detik dengan sabun dan air, atau gunakan pembersih tangan dengan alkohol setidaknya 60 persen sebelum dan sesudah perjalanan Anda.
  2. Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut Anda dengan tangan.
  3. Tutupi batuk dan bersin Anda, buang tisu bekas ke tempat sampah, dan cuci tangan Anda atau gunakan pembersih tangan setelah Anda batuk atau bersin.
  4. Pertahankan jarak antara Anda dan orang lain.
  5. Kenakan masker saat Anda tidak dapat menjaga jarak fisik antara diri Anda dan orang lain. 
  6. Tetap di rumah saat Anda sakit atau berada di dekat seseorang yang menderita COVID-19.
  7. Batasi perjalanan Anda jika Anda lebih tua atau memiliki kondisi kesehatan mendasar yang menempatkan Anda pada risiko yang lebih besar.
  8. Jika Anda berada pada risiko yang lebih besar, bawalah “teman transportasi” untuk membantu dengan segala kebutuhan khusus yang Anda miliki, seperti membawa tas.

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm