Kulit Hidung dan BIbir Iritasi, Waspada Gejala Dermatitis Kontak

28 Juli 2020 18:30 WIB
Jangan pernah biasakan turunkan masker ke dagu.
Jangan pernah biasakan turunkan masker ke dagu. ( via tribunManado)

Banjarmasin, Sonora.ID – Akhir-akhir ini sering merasa kulit wajah jadi lebih kering dari biasanya? Atau bahkan muncul ruam merah di kulit pinggir hidung dan area dagu serta bibir?

Hati-hati, bisa saja itu gejala dermatitis kontak atau peradangan kulit yang biasanya ditandai dengan ruam gatal kemerahan.

Apa sih penyebabnya?

Dermatitis kontak biasanya timbul akibat iritasi setelah adanya kontak langsung dengan zat tertentu atau adanya reaksi alergi di kulit.

Nah, dalam situasi yang mengharuskan Anda memakai masker dalam jangka waktu yang cukup lama, rupanya hal itu juga dapat memicu munculnya iritasi pada kulit wajah, lho.

Baca Juga: Tetap Nyaman Beraktivitas Pakai Masker bagi Pemilik Kulit Sensitif

Dari beberapa jurnal kesehatan, rupanya pekerjaan dan hobi bisa jadi pemicu munculnya risiko terkena dermatitis kontak. Misalnya saja petugas kesehatan, pekerja konstruksi atau logam, maupun pekerja lapangan lainnya.

Seperti ketika Anda pakai masker dalam waktu lama dengan bahan yang agak tebal seperti masker medis yang memang sangat kecil pori-porinya. Beberapa bahannya bahkan juga kasar sehingga menimbulkan gesekan di kulit wajah.

Rasa gatal akan muncul karena tubuh melepaskan zat kimia yang memicu iritasi karena adanya kontak dengan zat tertentu. Bisa jadi karena zat yang ada di perhiasan, sarung tangan karet, pewangi atau bahan kimia dalam produk kecantikan, hingga bahan dari masker yang digunakan.

Apalagi jika memang punya riwayat kulit yang sensitif, iritasi akan semakin cepat muncul ketika bertemu dengan zat pemicunya.

Apa semua iritasi bisa masuk kategori dermatitis kontak?

Baca Juga: Sering Dilakukan Wanita, Ini Bahaya Mencukur dan Mencabuti Alis Mata

Halaman Berikutnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.