Cegah Serangan Spyware Pegasus di HP Pribadi dengan Cara Ini!

27 Juli 2021 17:45 WIB
Ilustrasi Pegasus
Ilustrasi Pegasus ( PSafe.com)

Sonora.ID - Beberapa waktu terakhir sedang ramai dibahas terkait munculnya spyware Pegasus versi terbaru di jagat internet. Menurut informasi yang beredar, spyware Pegasus digunakan pemerintah di berbagai negara untuk memata-matai ponsel pribadi sejumlah pihak.

Sejumlah pihak yang menjadi target, mulai dari Presiden Perancis, Emmanuel Macron, CEO Telegram, Pavel Duvrov, hingga pemiliki klub sebak bola asal Perancis PSG, Nasser Al-Khelaifi juga turut masuk didalam daftar tersebut.

Pihak-pihak yang menjadi target itu sudah melakukan beberapa tindakan guna mencegah serangan dari spyware pegasus.

Saat ini tokoh-tokoh penting memang masih menjadi target utama. Namun, tidak menutup kemungkinan hal yang sama juga akan menyerang masyarakat biasa. Oleh karena itu, berikut ada beberapa cara untuk mencegah serangan spyware pegasus di HP pribadi kamu.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, 5 Hack Skincare Wajah yang Bisa Mencerahkan Ketiak

Spyware pegasus mampu menyerang melalui aplikasi pengiriman pesan seperti WhatsApp dan iMessage. Apabila perangkat sudah diserang oleh spyware pegasus, maka seluruh akses didalamnya bisa dikatakan sudah diambil alih.

Seseorang bisa membaca pesan yang masuk, email, foto dalam galeri, menyadap telepon, melacak lokasi, hingga merekam suara dari jarak jauh.

Cara pencegahan dari serangan spyware pegasus bisa dikatakan “susah-susah gampang”. Menurut profesor keamanan siber University of Surrey di Inggris, Alan Woodward menyebutkan bahwa secara teori spyware pegasus bisa dihapus dari perangkat pribadi.

Namun, untuk mengidentifikasi apakah suatu perangkat sudah terkena serangan spyware pegasus masih sulit untuk dilakukan. Untuk itu, ia menyarankan para pengguna secara rutin melakukan restart pada HP pribadinya.

Baca Juga: Akun Instagram Kedua Milik Jennie BLACKPINK @lesyeuxdenini Diretas

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.