Selalu Merasa Kacau dengan Pikiran Anda? Ketahuilah Hal Ini!

8 Desember 2021 11:55 WIB
Ilustrasi seseorang yang banyak pikiran.
Ilustrasi seseorang yang banyak pikiran. ( Freepik.com/creativeart)

Sonora.ID – Ketika mengalami masalah, apa yang menurut Anda selalu menjadi sumbernya? Ketika merasa hidup sedang kalut, apa yang pertama kali Anda benahi?

Apapun masalahnya, ketahuilah bahwa pikiran kita mengambil peranan yang besar. Bagaimana kita mengelola masalah, memilah opsi penyelesaiannya, hingga menyelesaikan sesuatu, semuanya teracik dalam pikiran kita.

Pikiran (mind) adalah konsep yang sangat abstrak. “Bagi orang-orang yang tidak belajar itu, mind itu seperti hanya seperti sebuah kata benda saja gitu, tetapi bagi orang-orang yang belajar, mind itu sesungguhnya sesuatu yang sangat luas.”

Baca Juga: Berkualitas! Ini 5 Tanda Jika Kamu Termasuk Wanita yang Cerdas Secara Emosional

Hal itu disampaikan oleh Arvan Pradiansyah, motivator kebahagiaan di salah satu episode siniar (podcast) Smart Inspiration. Ia menganalogikan pikiran sebagai samudera.

Layaknya samudera yang hanya kita lihat permukaannya—walau nyatanya begitu dalam dan berisikan beragam biota laut, lembah, bahkan gunung—pikiran manusia sering kali dianggap dangkal. Padahal, di dalamnya terdapat begitu banyak hal yang terpendam dan masing-masingnya penting.

Menyelami Pikiran

Tidak seperti samudera yang dapat diselami menggunakan alat seperti kapal selam, pikiran manusia tidak bisa mengandalkan alat apa pun.

Menghadapi tantangan juga halang rintang yang datang bertubi-tubi sering kali membuat kita gegabah dalam bertindak. Memelankan pikiran—memiliki kesadaran penuh akan setiap hal yang sedang kita hadapi—adalah kunci untuk mengatasinya dengan baik.

Lebih kurang, gambarannya adalah seperti melakukan meditasi. “Ketika kita melakukan meditasi, sesungguhnya kita sedang melambatkan pikiran kita,” ucap Arvan.

Dalam bermeditasi, seseorang akan fokus pada napasnya; memberikan perhatian penuh pada setiap napas yang diambil dan dibuang. Aliran pikiran pun menjadi lebih lambat, sehingga setiap permasalahan yang ada di benak dapat dikontrol dan dikuasai.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres Bekerja, Bisa Dimulai dari Diri Sendiri!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm