Dongeng, Medium Bagi Orangtua untuk Bangun Kedekatan dengan Anak

4 Januari 2022 18:50 WIB
Workshop Mendongeng Spesial di Hari Ibu bertema
Workshop Mendongeng Spesial di Hari Ibu bertema ( )

Sonora.ID - Beragam upaya dilakukan orangtua agar menjadi sosok yang dekat layaknya sahabat bagi anak. Menjalankan rutinitas sehari-hari, belajar, hingga bermain, dilakukan bersama anak.

Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan orangtua dari masa ke masa adalah mendongeng. Aktivitas yang umum dilakukan sebelum tidur ini dapat menjadi sarana bagi orangtua dalam memupuk kedekatan dengan anak.

Untuk memberi pemahaman seputar cara terbaik dalam mendongeng, Media Anak Grid Network bersama Medio Podcast Network mengadakan workshop daring mendongeng untuk para orangtua. Acara yang diselenggarakan pada 18 Desember silam ini bertajuk “Bangun Kedekatan Orangtua dengan Anak Melalui Dongeng”.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Barbie yang Tidak Pernah Disangka, Salah Satunya Didesain Insinyur!

Pendongeng Gery Puraatmadja atau yang dikenal sebagai Paman Gery menjadi pembicara utama. Ia membuka workshop dengan mengajak anak-anak yang turut hadir bersama orangtua untuk menyanyi.

Semua Orang Bisa Mendongeng

Sering kali, orangtua memiliki keinginan untuk mendongeng, akan tetapi terhalang oleh beragam ketakutan. Mulai dari ketiadaan bahan untuk bercerita, ketidakmampuan untuk menuturkan cerita dengan baik, hingga tidak percayaan diri untuk bercerita di depan anak.

Padahal, mendongeng bisa membawa banyak manfaat baik bagi anak. Di antaranya, membangun imajinasi, kreativitas, juga kemampuan untuk pemecahan masalah, menumbuhkan kecintaan pada dunia pustaka, meningkatkan keterampilan bicara, memperkaya kosa kata, dan yang terpenting yakni mempererat ikatan antara anak dan orangtua.

“Sebenarnya setiap orang adalah pencerita. Ada yang melakukannya untuk diri sendiri, ada yang melakukan untuk kalangan terdekatnya, ada yang melakukannya untuk khalayak ramai,” sebut Gery meyakinkan orangtua.

Gery menambahkan bahwa setiap orang memiliki bakat untuk bercerita. Bagaimana orang tersebut melatihnya yang akan menentukan keberhasilan dan keterampilan tersebut.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm