Bisa Cegah Kanker dan Lancarkan BAB, Berikut 6 Manfaat Buah Apel

12 Februari 2022 17:15 WIB
Buah apel.
Buah apel. ( Freepik.com)

Sonora.ID - Buah apel adalah buah yang sangat mudah untuk di temukan, kita bisa menjumpainya ataupun membelinya di supermarket maupun di toko-toko.

Buah apel juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, salah satu kandungan dalam buah apel itu di antaranya antioksidan serta vitamin.

Bukan hanya itu saja buah apa juga mengandung kalori, protein, serat hingga mineral baik lainnya yang dibutuhkan tubuh dan masih banyak lagi manfaat dari buah apel ini.

Untuk itu, ketahui beberapa manfaat dari buah apel. Berikut beberapa manfaat dari buah apel:

  1. Mencegah kanker

Selain rasanya yang manis apel juga merupakan sumber fitokimia atau senyawa yang memiliki aktivitas antioksidan yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan mengurangi oksidasi lemak darah.

Memakan satu apel atau bahkan lebih dalam sehari juga dapat mengurangi resiko lebih kecil terkena berbagai jenis kanker.

  1. Membangun kekebalan tubuh

Salah satu zat gizi penting yang terdapat pada apel adalah vitamin C.

Baca Juga: Kapolda DIY Beri Penghargaan ke Anggota Ditresnarkoba Polda DIY yang Ungkap & Tangkap Pelaku Penyalanggunaan Narkotika lintas Provinsi

Vitamin C sendiri adalah vitamin yang bermanfaat untuk banyak keperluan, seperti:

  • Membangun kekebalan tubuh atau imunitas
  • Membantu mempercepat penyembuhan luka
  • Mencegah alergi
  • Menjaga kesehatan kulit
  1. Melancarkan buang air besar

Disaat kita mengalami masalah dalam buang air besar maka anda bisa mengonsumsi apel.

Jenis serat yang tidak larut dalam apel dapat membantu mencegah konstipasi dengan menarik air ke usus dan menambahkan sebagian besar ke tinja, sehingga membuatnya bergerak melalui usus lebih cepat.

Di samping itu, apel juga mengandung sorbitol dan fruktosa yang menarik air ke dalam usus dan melunakkan tinja. Untuk itu apel adalah salah satu solusi untuk melancarkan buang air besar.

Baca Juga: Minum Jus Apel Bisa Sembuhkan Batu Empedu? Ini Penjelasan Dokter

  1. Mencegah kerusakan sel

Selain bisa melancarkan buang air besar apel juga kaya dengan antioksidan quercetin dan polifenol. Maka dari itu, buah apel dapat bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

  1. Menurunkan kolesterol

Pektin di dalam apel juga dapat membantu meurunkan kolesterol dengan cara menyerap lemak dan kolesterol, lalu mengeluarkannya dari dalam tubuh bersama feses.

  1. Melawan asma

Apel rupanya juga bisa melawan asma, hal ini apel kaya akan antioksidan yang mampu melindungi paru-paru dari radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan oksidatif.

Sebuah penelitian besar yang melibatkan lebih dari 68.000 wanita menemukan bahwa orang yang mengonsumsi apel memiliki risiko penyakit asma yang paling rendah.

Makan sekitar 15 persen apel berukuran besar setiap hari dikaitkan dengan risiko penyakit asma yang lebih rendah hingga 10 persen.

Baca Juga: Melawan Kanker, Ari Lasso: Pertama Kali Pulang Tanpa Kursi Roda

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm