HLM TP2DD Kota Yogyakarta: ETPD Sebagai Pendorong Digitalisasi Daerah

8 Maret 2022 17:15 WIB
Wakil Walikota Yogyakarta, Kepala Perwakilan BI DIY, dalam acara High Level Meeting
Wakil Walikota Yogyakarta, Kepala Perwakilan BI DIY, dalam acara High Level Meeting ( Perwakilan Bank Indonesia DIY )

Yogyakarta, Sonora.ID - Kota Yogyakarta menempati peringkat terbaik dalam pencapaian Indeks Eletronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (EPTD) tahun 2021 secara nasiona.

Nilai yang diperoleh, yaitu sebesar 99,2 persen atau berada di tahap digital.

Pencapaian ini merupakan wujud komitmen Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi (TP2DD) Kota Yogyakarta untuk terus bersinergi dalam mengakselerasi dan memperluas digitalisasi transaksi Pemda.

Baca Juga: Kini Ada Pelengkap Alat Kedokteran Gigi Buatan Dalam Negeri dari Yogyakarta 

Beberapa terobosan digital yang telah dilakukan antara lain;
  • implementasi Aplikasi Jogja Smart Service (JSS) sebagai layanan publik terpadu yang terintegrasi
  • Program SEMAR (Smart Traditional Market)
  • pembangunan pasar digital Prawirotaman serta berbagai inovasi lainnya untuk mendukung Elektronifikasi Transaksi Pemda.
Sebagai upaya terus mendorong digitalisasi daerah di Kota Yogyakarta, Pemerintah Kota Yogyakarta berkomitmen untuk mencanangkan beberapa kegiatan di 2022.
 
Pertama, Kick-Off QRIS pada Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Yogyakarta.
 
 
ASN diimbau untuk menjadi role model pengguna transaksi nontunai dalam mendukung terbentuknya ekosistem digital di lingkungan pemerintah Kota Yogyakarta.
 
Kedua, peluncuran Parkir SIAP QRIS di Parkir Tepi Jalan Umum (TJU) Jl Prof. Yohanes dan Tempat Khusus Parkir (TKP) Limaran.
 
Selain menerima tunai, kedua parkir tersebut juga telah menerima pembayaran menggunakan QRIS.
 
Hal ini tentunya akan semakin meningkatkan layanan ke masyarakat dan mendorong transparansi penerimaan daerah.
 
Ketiga, pelaksanaan Capacity Building bagi anggota TP2DD. Keempat, Penandatanganan Roadmap TP2DD Kota Yogyakarta. 
 
Penandatanganan Roadmap TP2DD Kota Yogyakarta dilakukan dalam kesempatan HLM yang dilaksanakan pada 7 Maret 2022 oleh Wakil Walikota Yogyakarta.
 
 
Roadmap ini merupakan salah satu wujud komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta untuk terus berinovasi mendorong implementasi ETPD secara lebih luas dan meningkatkan realisasi transaksi nontunai pada penerimaan daerah.
 
Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, menyampaikan pesan agar seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terus berinovasi dalam Elektronifikasi Transaksi Pemda dan bersemangat mengikuti Championship TP2DD.
 
Acara itu dilakukan oleh Satgas P2DD. Para OPD diharapkan terus melanjutkan Program Unggulan Digitalisasi Pemkot Yogyakarta Yogyakarta sebagai upaya mewujudkan efisien, transparan, akuntabel, dan akselerasi Pendapatan Asli Daerah (PAD).
 
Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BI DIY turut menyampaikan apresiasi kepada Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, sebagai Digital Leader, karena konsistensi dan kegigihan dalam menjalankan transformasi digital di Kota Yogyakarta. 
 
Acara HLM dihadiri oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Kepala Perwakilan BI DIY, Direktur Utama Bank BPD DIY, seluruh anggota TP2DD Kota Yogyakarta serta perwakilan OPD yang mengikuti secara daring. 
 
Turut menjadi narasumber dalam acara yaitu Asisten Deputi Perekonomian Daerah dan Sektor Riil Kemenko Perekonomian dan Direktur Pendapatan Daerah Kemendagri. 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm