Mengenal Negara Paling Bahagia di Dunia, Indonesia Ada di Urutan Berapa?

11 April 2022 12:45 WIB
( )

Sonora.ID - Penting bagi manusia untuk menemukan sumber kebahagiaan dalam hidup. Kebahagiaan merupakan salah satu faktor terpenting dalam kehidupan manusia. Berbagai cara dilakukan untuk meraih kebahagiaan. Namun, sebenarnya apa yang dimaksud kebahagiaan itu?

Kebahagiaan sejatinya bersifat subjektif, tergantung pada pemaknaan dari tiap individu. Menurut KBBI, kebahagiaan adalah kesenangan dan ketentraman hidup baik lahir maupun batin. 

Seligman berpendapat jika kebahagiaan tidak terjadi begitu saja, namun merupakan efek dari keberhasilan individu dalam memenuhi keinginannya untuk menjadikan hidup lebih bermakna (will to meaning).  Artinya makna hidup adalah gerbang menuju kebahagiaan. 

Arvan Pradiansyah dalam siniar Smart Inspiration mengajak kamu mengetahui parameter kebahagiaan sesungguhnya, yang ternyata bukan berasal dari kesuksesan saja. Lalu apa saja parameter kebahagiaan yang sesungguhnya? 

Baca Juga: 5 Gereja yang Kini Berubah Jadi Masjid, Ada yang Dibeli Umat Muslim

Sukses memang penting, dalam prosesnya banyak yang dikorbankan untuk meraih kesuksesan. Akan tetapi, sukses bukan segalanya melainkan hanya tujuan dari suatu proses saja. Ada banyak orang yang terlihat sukses namun berujung tragis, karena merasa dirinya tidak menjadi sosok yang bahagia. 

Berbicara tentang kebahagiaan, tentu kita bertanya-tanya adakah tempat di dunia ini yang dinobatkan menjadi tempat yang paling bahagia?

Pada 2021 World Happiness Report menyusun daftar negara paling bahagia dengan beberapa pertimbangan mulai dari kesehatan mental dan interaksi sosial, hingga keamanan dan respons pemerintah terhadap pandemi. Berikut adalah beberapa daftarnya

  • Finlandia

Selama tiga tahun berturut-turut negara ini berhasil mempertahankan tahtanya sebagai negara paling bahagia di dunia. Finlandia mengungguli negara lain dalam bidang harapan hidup sehat, kebebasan, persepsi terhadap korupsi, dan distopia. 

  • Denmark

Dengan skor 7,636 dari 10, Denmark berhasil mempertahankan posisi negara paling bahagia kedua di dunia. Pemerintahan yang stabil, pendidikan gratis, dan akses kesehatan yang baik, serta pemenuhan hak asasi manusia menjadikan Denmark mampu menjadi negara paling bahagia kedua di dunia. 

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm