Ridwan Kamil Sebut Kalau Wujud Peradaban Sungai Harus Punya Nilai Sosial!

21 April 2022 17:15 WIB
Ridwan Kamil
Ridwan Kamil ( Indra Gunawan)

Bandung, Sonora.ID - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengklaim dirinya memberi perhatian lebih kepada masyarakat Kota Bekasi.
 
Ini dibuktikan dengan dibangunnya sejumlah infrastruktur dan fasilitas umum bagi daerah tersebut, seperti penataan Alun-alun Kota Bekasi yang sudah diresmikan, serta revitalisasi Sungai Kalimalang yang tengah berjalan.
 
Gubernur Ridwan Kamil menyampaikan hal tersebut saat meresmikan penataan segmen I Sungai Kalimalang, di Kota Bekasi, Rabu (20/4/2022) kemarin.
 
 
Sebelumnya, pada hari yang sama Gubernur juga meresmikan pembangunan Pasar Tradisional Harapan Jaya Kota Bekasi. Diketahui, pembangunan keduanya menggunakan APBD Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 
 
"Jadi banyak rasa cinta saya ke Kota Bekasi. Gubernur Jawa Barat sekarang sangat sayang ke Kota Bekasi," ucap Ridwan Kamil.
 
Ridwan Kamil menjelaskan, pada penataan Kalimalang ini pihaknya menyiapkan IV segmen yang pengerjaannya bekerjasama dengan pemerintah pusat.
 
Khusus pada segmen I yang diresmikannya ini, semua kebutuhan biayanya berasal dari APBD Jawa Barat.
 
"Tahap I Kalimalang, sekarang bisa dinikmati, apalagi saat matahari teduh, di sore hari sampai malam, bulan puasa ini bisa digunakan ngabuburit. Nanti dilanjutkan tahap II, III, dan IV, seiring tol Becakayu beres," imbuhnya.
 
Ini sangat penting agar tidak ada perombakan yang dilakukan terhadap revitalisasi Sungai Kalimalang terkait pembangunan tol tersebut. 
 
"Makanya nunggu dulu Becakayu beres, khawatir nanti rusak lagi," katanya.
 
 
Menurutnya, revitalisasi sungai seperti ini sangat penting sebagai wujud majunya peradaban manusia.
 
Berkaca dari penataan kota di luar negeri, Gubernur menilai keberadaan sungai harus memiliki nilai sosial.
 
"Yang membedakan penataan kota di negara maju, semua sungai yang melewati kota pasti ditata. Kalau kita masih menganggap sungai itu hanya tempat air mengalir," ujarnya.
 
Dengan revitalisasi ini, Ridwan Kamil berharap sungai memiliki fungsi sosial sehingga berdampak juga terhadap kondisinya.
 
Jika penataan sungai dilakukan dengan baik, masyarakat bisa bersosialisasi meski hanya sekadar berkumpul dan berbincang.
 
"Di mana ada persentuhan sungai dengan kepadatan manusia, harus ada penataan. Ciri kota bahagia, orangnya sering nongkrong. Kalau warganya suka di rumah saja, kotanya dianggap enggak nyaman. Makanya perbanyak juga trotoar, pohon-pohon agar teduh," paparnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat Dikky Achmad Sidik menjelaskan, revitalisasi segmen I ini sudah dilakukan sejak 2019.
 
Namun terkendala akibat pandemi virus korona.
 
"Dilanjutkan kembali pada 2021," katanya di tempat sama.
 
Menurutnya, penataan segmen I ini dilakukan di sisi utara, seperti dengan membangun ruang terbuka publik di pelatarannya.
 
"Pembuatan plaza dan pagar pembatas Kalimalang. Sedangkan pada sisi selatan Sungai Kalimalang, dibangun ampitheater," jelasnya.
 
"Lalu dibuat akses pedestrian yang menghubungkan sisi selatan maupun utara," katanya menambahkan.
 
Meski demikian, Dikky mengakui terdapat pembangunan jembatan yang belum selesai pada tahap I ini.
 
"Sedang berjalan. Tapi secara fungsional, yang ada sekarang sudah berfungsi," ucapnya.
 
Keseluruhan, Dikky mengatakan ada empat segmen penataan Kalimalang, yang masing-masing segmennya memiliki tema tersendiri.
 
"Segmen I ini tema desainnya selebrasi. Nanti ada tema edukasi, sport. Lalu ada juga pemanfaatan lahan hijaunya," kata Dikky.
 
Sementara itu, terkait pembangunan Pasar Tradisional Harapan Jaya, Gubernur menyebut ini sebagai bentuk keberpihakannya kepada ekonomi rakyat. Terlebih, sebagai negara yang menganut teori ekonomi Pancasila, menurutnya ekonomi rakyat seperti ini harus mendapat perhatian lebih dari pemerintah.
 
"Yang kaya boleh tambah kaya, tapi yang miskin harus ikut terangkat. Sehingga mal boleh dibangun, tapi pasar tradisional juga harus ikut maju," katanya.
 
Pembangunan pasar tradisional ini, kata Gubernur, 100% berasal dari APBD Provinsi Jawa Barat. 
 
"Melalui bantuan keuangan, jadi tidak dibebankan kepada pedagang. Pedagang nanti hanya tinggal membayar kebersihan saja," imbuhnya.
 
Adapun jumlah anggaran yang dikeluarkan untuk membangun 150 kios di Pasar Tradisional Harapan Jaya Kota Bekasi ini sebesar Rp15 miliar. 
 
"Dibangun sejak 2021. Kami berharap pasar jadi moderen, meski jenisnya tetap pasar tradisional. Selain karena bersih, nyaman, juga bisa menerapkan digitalisasi," pungkasnya.
 
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm