Bukan Karena Digosipin, Ternyata Ini Gejala dan Penyebab Mata Kedutan

29 April 2022 16:30 WIB
Ilustrasi: Bukan Karena Ada yang Nggosipin, Ternyata Ini Gejala dan Penyebab Mata Kedutan
Ilustrasi: Bukan Karena Ada yang Nggosipin, Ternyata Ini Gejala dan Penyebab Mata Kedutan ( )

Sonora.ID - Sering dikaitkan dengan istilah bahwa mengalami mata berkedut kita sedang menjadi bahan pembicaraan orang lain, sebenarnya peristiwa tersebut bisa menjadi gejala kesehatan yang dialami tubuh kita.

Dengan mengalami kedutan pada mata yang datang secara spontan bukan menjadi hal yang berbahaya, terkecuali jika mengalami hal ini cukup sering dan menjadi gangguan dalam menjalani kegiatan.

Kedutan-kedutan pada mata pun beragam dengan berbagai gejala yang mengiringinya sehingga terdapat beberapa jenis kedutan.

Seperti kedutan minor yang disebabkan oleh kornea mengalami iritasi kedutan ini kebanyakan tidak menimbulkan gejala lain.

Blefarospasme esensial jinak dimulai dengan kelopak mata berkedip tanpa henti dan dapat mempengaruhi kedua mata karena tidak terkendali hal ini dapat meningkat makin parah jika dibareng dengan mata kering, konjungtivits, dan lain-lain.

Dan yang ketiga hemifical spasm karena kedutan ini melibatkan otot kelopak mata dan sekitaran mulut sehingga selain mempengaruhi mata juga bagian wajah, penyebabnya karena saraf wajah tertekan oleh pembuluh darah yang ada.

Baca Juga: Meski Rajin Bersedekah, 8 Kebiasaan Ini Akan Membuatmu Sulit Kaya dan Rezeki Seret

Beberapa penyebab yang dapat menimbulkan hal seperti ini karena mata kelelahan karena selama sehari menatap layar komputer atau telepon genggam sehingga saraf menjadi tegang.

Kurangnya istirahat sehingga mata terasa dipaksa kerja terus menerus, iritasi pada kornea, tingkat konsumsi kafein yang tinggi juga beresiko mengalami ini karena membuat saraf mata menegang sehingga kurangi konsumsi kafein.

Kebiasaan buruk merokok dan minum alkohol yang membuat efek sama seperti minum kafein berlebih untuk itu kurang konsumsi hal tersebut selain menghindari masalah kedutan juga untuk mencegah penyakit lain.

Dan bisa juga efek samping dari obat yang dikonsumsi untuk masalah ini jika terus berlangsung dan mengganggu anda sebaiknya segera melakukan konsultasi kepada dokter.

Selain disebabkan beberapa hal tersebut bisa juga karena merupakan gejala dari gangguan kesehatan yang dialami seperti bells palsy yang membuat otot wajah lumpuh sehingga wajah tidak simetris.

Distonia bagian tubuh akan terpelintir akibat dari otot yang kejang dan tidak terkendali, parkinson kondisi tubuh mengalami getaran dengan otot kaku, kesulitan berbicara serta keseimbangan terganggu, multiple sclerosis dimana saraf pada mata, otak, dan tulang belakang mengalami gangguan.

Baca Juga: Sobat Insomnia Kumpul! Ini 5 Minuman yang Ampuh Membantu Tidur Nyenyak

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm