BMKG Wilayah I Medan: Medan Gerah Akibat Gelombang Panas

13 Mei 2022 17:00 WIB
ilustrasi cuaca di kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara
ilustrasi cuaca di kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara ( MSN Weather)

Medan, Sonora.ID - Sejak menjelang Ramadhan hingga saat ini, matahari bersinar sangat terik di kota Medan yang mengakibatkan cuaca panas dan suhu udara menjadi gerah, meski diguyur hujan. Ternyata hal ini dikarenakan wilayah Sumatera memasuki musim kemarau.

Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan juga mengungkap penyebab udara gerah di Kota Medan karena posisi semu matahari, dan intensitas hujan yang berkurang. Sehingga cuaca cerah pada pagi menjelang siang hari akan cukup mendominasi.

"Dominasi cuaca yang cerah itu dapat mengoptimalkan penerimaan sinar matahari di permukaan bumi, sehingga menyebabkan kondisi suhu yang dirasakan oleh masyarakat menjadi cukup terik pada siang hari," kata Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Eridawaty, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: Daftar 20 Kota Terpanas di Indonesia Berdasarkan Data BMKG, Nomor 1 Ada di Kalteng!

Eridawaty menjelaskan, suhu panas terik yang terjadi di wilayah Indonesia ini merupakan bagian dari fenomena gelombang panas. Gelombang panas ini dikenal dengan sebutan heatwave, yang merupakan fenomena kondisi udara panas berkepanjangan selama lima hari atau lebih secara berturut-turut. Dimana suhu maksimum harian lebih tinggi dari suhu maksimum rata-rata hingga 5°C atau lebih.

"Fenomena gelombang panas ini biasanya terjadi di wilayah lintang menengah-tinggi, seperti wilayah Eropa dan Amerika yang dipicu oleh kondisi dinamika atmosfer di lintang menengah. Sedangkan yang terjadi di wilayah Indonesia adalah fenomena kondisi suhu panas/terik dalam skala variabilitas harian," jelas Eridawaty, seperti dikutip dari Medan.tribunnews.com.

Fenomena ini diprediksi akan terus berlangsung hingga pertengahan Mei. Oleh sebab itu, BMKG meminta agar masyarakat tetap waspada akan kondisi suhu panas pada siang hari.

Udara di Kabupaten Deliserdang Paling Panas

BMKG Wilayah I Medan menyebut bahwa udara paling panas di Sumatera Utara terjadi di Kabupaten Deliserdang.

Tercatat, dari 10 hingga 11 Maret 2022, kondisi cuaca di Deliserdang mencapai 35,9 derajat celcius. Dengan kondisi tersebut, Deliserdang masuk dalam wilayah terpanas setelah Kota Banten dan Tanggerang, yang suhu udaranya mencapai 36 derajat celcius.

Baca Juga: Indonesia Dilanda Suhu Panas Secara Tiba-Tiba, Apa Penyebab Sebenarnya? Ini Kata BRIN!

"Suhu maksimum terukur selama periode tanggal 1 sampa 7 Mei 2022 berkisar antara 33 - 36.1 °C, dengan suhu maksimum tertinggi hingga 36.1 °C terjadi di wilayah Tangerang-Banten dan Kalimantan Utara," katanya.

BMKG mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga kondisi stamina tubuh dan kecukupan cairan tubuh, terutama bagi warga yang beraktifitas di luar ruangan pada siang hari, dan juga kepada warga yang akan melaksanakan perjalanan jauh.

"Supaya tidak terjadi dehidrasi, kelelahan dan dampak buruk lainnya terutama bagi warga yang beraktivitas di luar rumah," katanya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm