Kapolda Kukuhkan Pasukan Respon Cepat Satbrimob Polda Sumsel

25 Mei 2022 17:25 WIB
Kapolda Kukuhkan Pasukan Respon Cepat Satbrimob Polda Sumsel
Kapolda Kukuhkan Pasukan Respon Cepat Satbrimob Polda Sumsel ( Humas Polda Sumsel)

Palembang, Sonora.ID -  Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H. secara resmi mengukuhkan Empat Kompi Pasukan Respon Cepat Satbrimob Polda Sumsel sebagai Power On Hand Kapolda, yang dilaksanakan di Mako Satuan Brimob Polda Sumatera Selatan, Jln. Srijaya Negara, Bukit Besar, Kota Palembang. Rabu, (25/5/2022).

Kegiatan yang juga dihadiri oleh Wakapolda Sumsel Brigjen Pol. Rudi Setiawan, S.I.K., S.H., M.H. beserta para Pejabat Utama Polda Sumsel tersebut diawali dengan simulasi kemampuan Pasukan Respon Cepat Satbrimob Polda Sumsel dalam mengantisipasi aksi unjuk rasa skala besar serta penanganan gangguan kamtibmas berintensitas tinggi seperti aksi terorisme dan penjinakan bom.

Dalam amanatnya Kapolda Sumsel Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H.  mengatakan sesuai amanat UUD 1945 bahwa Polri sebagai alat negara, dimana Polri dalam fungsi pemerintahan negara bertujuan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat, tertib dan tegaknya hukum, terselenggaranya perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta terbinanya ketentraman masyarakat.

Baca Juga: Polda Sumsel Gelar Giat Rakernis Fungsi Intelkam

“Kegiatan Upacara Pengukuhan Pasukan Respon Cepat Satbrimob Polda Sumsel merupakan tindak lanjut dari hasil Rakernis Korps Brimob Polri, dimana Bapak Kapolri menekankan bahwa pasukan Korps Brimob Polri harus menjadi teladan tidak hanya bagi masyarakat, akan tetapi juga untuk seluruh anggota Polri, salah satunya mengenai urusan kedisiplinan nasional seperti yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Rapim TNI-Polri Tahun 2022,” ungkapnya.

Kapolda Sumsel menjelaskan kehadiran cepat pasukan Korps Brimob Polri sangat diperlukan untuk menghentikan konflik dan mencegah terjadinya konflik lanjutan, yang dalam penanganannya harus memperhatikan asas legalitas, proporsionalitas, nesesitas dan akuntabilitas serta menjunjung tinggi hak asasi manusia.

“Saya berharap kepada seluruh personel jajaran Satbrimob Polda Sumsel untuk terus meningkatkan kompetensi dan kemampuan personel untuk menjawab tantangan tugas yang kita emban, khususnya dalam memanfaatkan sarana dan prasarana  yang ada. Jangan ada gangguan keamanan sekecil apapun, terlebih yang dapat menarik perhatian dunia,” tegas Irjen Pol. Drs. Toni Harmanto, M.H.  

Pada kegiatan Upacara Pengukuhan Pasukan Respon Cepat itu pula, dibacakan Ikrar Brimob Sejati yang dipimpin langsung oleh Komandan Satuan Brimob Polda Sumatera Selatan Kombes Pol. Donyar Kusumadji, S.I.K. dan diikuti oleh seluruh pasukan upacara.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm