Kadis Kumindag: Kabupaten Landak Juga Harus Punya Desain Corak Khas

3 Juni 2022 15:00 WIB
Peluncuran Ragam Corak Dayak Salako dan Melayu Dekransada Kota Singkawang
Peluncuran Ragam Corak Dayak Salako dan Melayu Dekransada Kota Singkawang ( Humas Pemkab Landak)

Pontianak, Sonora.ID - Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kabupaten Landak, Rosalia Elizaberth mewakili Pj. Bupati menghadiri Kegiatan Peluncuran Ragam Corak Dayak Salako (RCDS) dan Ragam Corak Melayu (RCM) Singkawang.

Terdapat 6 corak RCM dan 6 corak RCDS yang akan dilaunching. Nantinya corak ini akan menjadi ciri khas dari Kota Singkawang yang berbeda dengan corak dari daerah lain.

Corak tersebut langsung resmi dilaunching oleh Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani Sutarmidji dihalaman mes daerah Kota Singkawang, pada Rabu (01/06).

Dalam sambutannya, Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, Sutarmidji menyatakan bahwa dua corak baru yang dilaunching ini menambah corak baru dalam ciri khas yang ada di Provinsi Kalimantan Barat.

Namun, Sutarmidji juga mengingatkan Pemda agar tidak lupa untuk mendaftarkan hak intelektual dari RCM dan RCDS agar kedepannya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan pada masa mendatang.

“Peluncuran RCM dan ragam corak Dayak Salangko ini tentunya akan menambah ciri khas corak kain yang ada di Kalimantan Barat. Kembali saya mengingatkan agar setelah launching motif corak ini Pemda jangan lupa mendaftarkan Hak Intelektualnya. Ini yang belum kita lakukan selama ini,
sehingga setelah negara lain mengklaim corak atau budaya Indonesia itu baru ribut,” ucapnya.

Baca Juga: Pemkab Landak Harap Pelaku Usaha Perhatikan Perizinan

Dalam kegiatan ini, Kadis Kumindag Kabupaten Landak, Rosalia Elizabeth menyambut baik dan memberikan tanggapan positif terkait launching Ragam corak Dayak Salako dan corak melayu oleh Dekranasda Singkawang.

“Acara Launcing peluncuran Ragam Corak Melayu dan Ragam Corak Dayak Salako ini sangat baik sekali dan sangat menginspirasi kita, mudah-mudahan kedepannya Kabupaten Landak juga bisa seperti ini,” ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa Kabupaten Landak juga bisa melakukan dan mengembangkan hal hal yang serupa.

“Dengan demikian kita menggali potensi-potensi yang ada di Kabupaten Landak, dalam hal ini
memang harus kerja keras supaya kita bisa membuat desain corak-corak khas Kabupaten Landak,” tutup Rosalia.

Baca Juga: 478 CPNS di Lingkungan Pemkab Landak Melakukan Sumpah Jabatan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm