Upaya Jaga Ekosistem, PLN Ajak Pramuka Tanam Pohon Produktif  di Sanggau

9 Juni 2022 12:23 WIB
 Sumber Foto: UIP KLB
Sumber Foto: UIP KLB ( )

Sanggau, Sonora.ID - Sebagai salah satu langkah untuk menjaga ekosistem darat dan menangani perubahan iklim, PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (UIP KLB) berkomitmen untuk menjalankan program penghijuan di Kalimantan Barat.

Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), tahun ini PLN menggandeng Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Kalimantan Barat sebagai pelaksana program penghijauan di Bumi Perkemahan Sabang Merah, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat.

Siron, Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Sanggau yang merupakan Kepala BPBD Sanggau menyebutkan bahwa Bumi Perkemahan Sabang Merah yang terletak di Kabupaten Sanggau merupakan kawasan yang ditetapkan pemerintah Kabupaten Sanggau untuk dimanfaatkan sebagai tempat melakukan berbagai macam kegiatan kepramukaan dan juga sebagai Kawasan Hutan Kota. 

“Kondisi terkini sebagian area bumi perkemahan merupakan area tanpa vegetasi, untuk itu perlu dilakukan penghijauan di area bumi perkemahan Sabang Merah ini,” terang Siron.

Baca Juga: Komunitas Pemuda Membangun Desa Punggur Majukan Usaha dengan Mesin Listrik

Ia mengungkapkan bahwa lingkungan bumi perkemahan yang baik adalah yang memiliki vegetasi yang baik.

Dengan kata lain, sebagian kondisi bumi perkemahan memiliki kondisi lingkungan yang kurang memadai karena vegetasinya yang kurang.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada PLN karena sudah mempercayakan kepada Gerakan Pramuka sebagai pelaksana program penghijauan untuk 2 hektare lokasi bumi perkemahan ini. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar pohon yang ditanam nantinya dapat tumbuh dengan baik,” jelasnya.

Tim PLN bersama dengan Gerakan Pramuka dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melakukan survei lapangan dan koordinasi pelaksanaan kegiatan penanaman.

Selanjutnya akan dipetakan jenis dan jumlah bibit tanaman produktif yang akan ditanam di lokasi tersebut.

Faruq Suyuthi, Senior Manager Perizinan, Pertanahan, dan Komunikasi PLN UIP KLB mengungkapkan bahwa tidak hanya penanaman pohon, PLN Peduli juga akan membangun sarana pengairan dan menyediakan pemupukan untuk mendukung pemeliharaan tanaman.

“Kami berharap kolaborasi antara PLN dan Gerakan Pramuka ini dapat berjalan dengan baik dan dapat memberi dampak positif bagi lingkungan. Kami berharap masyarakat juga akan dapat memanfaatkan lokasi bumi perkemahan ini untuk berbagai kegiatan,” pungkas Faruq.

Baca Juga: Tim Khusus PLN UIW Sulselrabar Selamatkan Jaringan Listrik Senilai Rp3,8 Miliar

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm