Inkubator Bisnis Upaya Tingkatkan Kualitas UMKM Kalbar Tembus Pasar Global

7 Juli 2022 12:00 WIB
 Foto bersama Dinas KUKM, Dekranasda Kalbar, dan pengrajin yang mengikuti inkubator bisnis dan UMKM.
Foto bersama Dinas KUKM, Dekranasda Kalbar, dan pengrajin yang mengikuti inkubator bisnis dan UMKM. ( Dok. Sonora Pontianak/Indri Rizkita)

Pontianak, Sonora.ID - Untuk meningkatkan kualitas UMKM yang ada di Kalimantan Barat, Dinas Koperasi dan UMKM bersama Dekranasda Kalbar mengadakan inkubator bisnis dan UMKM untuk para pengrajin yang ada di Kalbar. Kegiatan ini adalah kedua kalinya diadakan. 

Ketua Harian Dekranasda Kalbar, Syarif Kamaruzaman mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar para pengrajin terus meningkatkan kemampuan dan kompetensinya sehingga produk mereka bisa menembus pasar global.

“Pengrajin-pengrajin ini terus kita tingkatkan kemampuan dan kompetensinya mulai dari hilir sampai hulu yaitu mulai dari desain, packaging, hingga pemasaran, sehingga produk pengrajin-pengrajin ini bisa menembus pasar global,” ucapnya pada Rabu (6/7).

Ia menerangkan, kegiatan ini juga merupakan sebuah promosi. Ia menilai di era digital saat ini pengrajin diharapkan melek digital sehingga promosi bisa dilakukan secara online.

Baca Juga: Wali Kota Pontianak Pastikan Stok Hewan Kurban Idul Adha 2022 Aman

“Pengrajin harus terus berkembang karena membawa warisan terutama leluhur. Kemudian upaya-upaya yang dilakukan bagaimana memberikan muatan lokal kepada anak-anak milenial mewarisi kemampuan untuk menjadi pengrajin. Setiap daerah memiliki berbagai kerajinan sehingga harus terus dilestarikan karena ini akhirnya untuk mendukung perekonomian keluarga, masyarakat, dan kalbar,” ujar Kamaruzaman.

Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat terus dilakukan sehingga produk dari para pengrajin dapat dipamerkan baik di dalam mau pun luar negeri.

Di kesempatan yang sama, PLH Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kalbar, Frans Zeno mengapresiasi dan mendukung terkait dengan pelaksanaan kegiatan inkubator bisnis dan UMKM.

Menurutnya kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kapasitas UMKM di Kalbar.

Baca Juga: Gubernur Sutarmidji Tegaskan kepada ASN: Tidak Ada Penyimpangan Anggaran

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm