Syarat dan Cara Mengurus KTP Hilang Atau Rusak, Gratis dan Bisa Online Nggak Perlu Bolak-balik!

9 Agustus 2022 12:10 WIB
Keterangan foto: Ilustrasi KTP
Keterangan foto: Ilustrasi KTP ( )

Sonora.ID – Setiap warga yang bermukim di suatu wilayah pada negara tertentu wajib memiliki tanda pengenal berupa kartu penduduk.

Di Indonesia sendiri, Kartu Tanda Penduduk atau KTP merupakan kartu identitas kependudukan yang digunakan sebagai alat bukti kewarganegaraan dan domisili warga negara Indonesia.

Oleh karena itu, setiap penduduk Indonesia yang sudah berusia 17 tahun atau telah menikah atau pernah menikah, wajib memiliki KTP.

Namun, karena beberapa alasan atau situasi, Kartu Tanda Penduduk (KTP) rentan hilang atau rusak.

Padahal KTP sangat dibutuhkan untuk mengurus hal-hal yang berkaitan dengan perizinan hingga membuka rekening bank dan lain sebagainya.

Baca Juga: Merapat! 5 Cara Mudah Bikin Alpukat Mentah Cepat Matang Nikmat Sempurna  

Lantas, apa yang harus kita lakukan apabila KTP hilang atau rusak? Jangan panik bestie, berikut syarat dan cara mengurus KTP hilang atau rusak.

Tenang nggak ribet dan gratis, kok! Selamat mencoba.

Syarat mengurus KTP hilang Dikutip dari laman Indonesia.go.id, untuk mengurus KTP yang hilang atau rusak, ada beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan, antara lain:

  • Surat Kehilangan E-KTP dari kantor polisi.
  • Surat pengantar dari kelurahan.
  • Formulir permohonan E-KTP baru dari kelurahan.
  • Untuk yang kasus KTP rusak, tidak perlu surat keterangan hilang dari kepolisian. Cukup membawa bukti E-KTP kita yang rusak.

Selain berkas utama di atas, kemungkinan Anda juga harus membawa dokumen pendukung lainnya berupa:

  • Pas foto ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar untuk dibawa ke kantor kelurahan dengan background warna merah untuk tahun kelahiran ganjil dan warna biru untuk tahun kelahiran genap.
  • Pas foto ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar untuk dibawa ke kantor kecamatan dengan latar belakang warna merah untuk tahun kelahiran ganjil dan warna biru untuk tahun kelahiran genap.
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga) Fotokopi E-KTP yang hilang (jika ada). Surat pengantar dari RT/RW.

Cara mengurus KTP hilang

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.