11 Contoh Teks Editorial Singkat beserta Strukturnya, Lengkap!

Diperbaharui 8 Desember 2022 15:49 WIB
Ilustrasi Contoh Teks Editorial Singkat beserta Strukturnya
Ilustrasi Contoh Teks Editorial Singkat beserta Strukturnya ( Freepik.com)

Sonora.ID - Sebelum melihat dan mempelajari beberapa contoh teks editorial singkat beserta strukturnya yang lengkap, patut dimengerti dahulu definisi dari teks editorial tersebut sehingga lebih mudah untuk dipahami.

Teks yang satu ini adalah salah satu materi dalam Pelajaran Bahasa Indonesia yang dipelajari di bangku sekolah.

Teks editorial, berdasarkan modul Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, adalah artikel dalam media massa yang didalamnya berisi pendapat atau pandangan redaksi terhadap suatu peristiwa yang sedang ramai diperbincangkan di ranah publik.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, editorial adalah artikel dalam surat kabar atau majalah yang mengungkapkan pendirian editor atau pimpinan surat kabar (majalah) tersebut mengenai beberapa pokok masalah; tajuk rencana.

Teks yang satu ini dipelajari ketika duduk di bangku sekolah, khususnya dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Murid diharap bisa membuat contoh untuk teks editorial.

Meski berisi pandangan, pendapat, dan opini, namun dalam penulisannya tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Penulisan pendapat harus didukung dengan bukti, data, dan argumen yang logis.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah 11 contoh teks editorial singkat beserta strukturnya.

  • Contoh teks editorial singkat 1: banjir

(Pengenalan isu)

Bencana banjir merupakan satu di antara bencana yang sering melanda Indonesia. Banjir umumnya terjadi di musim penghujan. Pertanyaannya, apakah banjir murni disebabkan oleh hujan atau karena ulah manusia? 

(Argumentasi)

Sebagai contoh kasus banjir yang sering terjadi di Jakarta. Jakarta memiliki jumlah penduduk yang padat sehingga lahan serapan sangat sedikit. Selain padatnya jumlah penduduk, masyarakatnya kurang teredukasi mengenai masalah kesehatan lingkungan.

Banyak dari mereka yang membuang sampah sembarangan, misalnya di sungai. Alhasil, sampah menumpuk di sungai dan aliran air menjadi terhambat. Ketika hujan ekstrem, sungai akan meluap dan banjir pun terjadi.

(Penegasan Ulang)

Maka itulah, perlu sekali kesadaran masyarakat bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Jangan kemudian ketika sudah banjir baru jera, dan ketika musim kemarau diulangi kembali.

Baca Juga: 9 Contoh Teks Prosedur Kompleks beserta Strukturnya, Lengkap!

  • Contoh teks editorial singkat 2: kebakaran hutan

(Pengenalan isu)

Telah terjadi peristiwa bencana alam yakni kebakaran hutan di wilayah Kalimantan, Indonesia. Kejadian ini diperkirakan disebabkan oleh musim kemarau sehingga memicu terjadinya kebakaran hutan. Hutan yang sudah terbakar sebagian dan asap tebal di mana-mana mengancam kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

(Argumentasi)

Diperkirakan akan muncul beberapa penyakit yang akan menyerang manusia dan hewan serta tumbuh-tumbuhan akibat asap dari kebakaran hutan yang tebal. Penyakit yang akan menyerang adalah sistem pernapasan. Masyarakat berharap semua pihak dikerahkan Pemda atau pusat untuk segera mengatasi bencana tersebut agar kerugian tidak berimbas dan makin banyak lagi.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm