KPOTI Canangkan Agustus sebagai Bulan Permainan dan Olahraga Tradisional

3 September 2022 12:35 WIB
Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional canangkan Bulan Permainan dan Olahraga Tradisional atuh pada setiap bulan Agustus
Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional canangkan Bulan Permainan dan Olahraga Tradisional atuh pada setiap bulan Agustus ( Sonora FM Bandung)

Subang, Sonora.ID - Apakah kita masih ingat dengan permainan dan olahraga tradisional yang kerap dimainkan saat kecil dulu? Ya, tentunya ada diantara kita yang masih ingat, namun cenderungnya sudah lupa. Ditambah lagi permainan tradisional itu kini keberadaannya makin ditinggalkan.

Permainan anak tradisional merupakan jenis-jenis permainan dari zaman dulu yang konsepnya sederhana, tanpa mesin rumit, baterai, atau koneksi internet seperti permainan modern

"Sebenarnya permainan dan olahraga tradisional itu memberikan manfaat untuk kesehatan, aspek ini diyakini akan membawa efek positif bahkan terkait ekonomi," ucap Ketua Umum Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional (KPOTI) Mohammad Zaini Alif saat menghadiri Semarak Kemerdekaan Kampung Berseri Astra, di Kampung Mainan Hong Bolang, Desa Cibuluh, Kecamatan Tanjung Siang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Rabu (31/8/2022) lalu.

Menurutnya, permainan dan olahraga tradisional memberi manfaat yang besar tanpa terkecuali. Semua usia dari berbagai kalangan bisa menikmatinya.

Baca Juga: Simak 7 Manfaat Senam Lantai, Apa Saja?

"Permainan dan olahraga tradisional ini harus kita kenalkan kepada generasi muda. Mereka harus tahu, dan bisa memanfaatkannya. Apalagi dari aspek kesehatan, permainan dan olahraga tradisional mampu menguatkan daya tahan tubuh," tegas Zaini.

"Bahkan permainan dan olahraga tradisional ini bisa menumbuhkan dan menyebarkan nilai-nilai kepribadian seperti kebersamaan, kejujuran, dan kedisiplinan," ungkapnya.

Lebih lanjut Zaini mengatakan, bahwa permainan dan olahraga tradisional ini juga dapat meningkatkan perekonomian, utamanya di sektor pariwisata desa.

"Ini pun bisa menjadi bisnis bagi pelaku pariwisata desa, juga bagi pengembangan budaya, baik dalam perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan," katanya. 

Oleh karena itu, dia berharap semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya melestarikan permainan dan olahraga tradisional.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm