3 Contoh Surat Referensi Kerja yang Profesioan dan Menunjang Karier!

4 September 2022 22:36 WIB
Ilustrasi Contoh Surat Referensi Kerja
Ilustrasi Contoh Surat Referensi Kerja ( Freepik)

Sonora.ID – Seperti yang kita tahu, sebelum melamar pekerjaan, ada beberapa dokumen penting yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu.

Misalnya seperti CV, cover letter, dan portofolio, dokumen-dokumen inilah yang nantinya akan menjadi pertimbangan perusahaan untuk mempekerjakan calon karyawan.

Nah, saat hendak resign dari sebuah perusahaan, ada juga beberapa dokumen yang perlu kamu urus sebelum mulai melamar ke perusahaan baru lagi.

Salah satunya adalah surat referensi kerja. Surat referensi kerja adalah surat yang ditulis oleh tempat kerja di mana kamu bekerja sekarang atau sebelumnya.

Surat yang biasanya ditulis oleh HRD ini tujuannya untuk mengonfirmasi bahwa kamu adalah seorang karyawan atau mantan karyawan yang pernah bekerja di perusahaan itu.

Baca Juga: 3 Contoh Motivation Letter yang Baik dan Benar, Kunci Sukses Mendapatkan Beasiswa!

Tak hanya itu, surat referensi kerja juga menerangkan jabatan, kinerja, dan perilaku mantan karyawan dalam jangka waktu tertentu.

Jadi, dengan adanya surat itu nantinya bisa dipergunakan untuk melamar di perusahaan lain. Serta dapat meyakinkan HRD dengan melihat riwayat kerja kamu sebelumnya.

Fungsi surat referensi kerja

  1. Untuk cari pekerjaan baru Surat ini tentu bisa untuk kamu gunakan mencari pekerjaan baru. Ini dapat menjadi nilai tambah dari pengalaman dan kualifikasi yang kamu miliki, karena kamu sertakan di surat lamaran kerja kamu. Tentunya, HRD menjadi tahu perjalanan karir kamu sebelumnya.
  2. Penarikan BPJS Ketenagakerjaan Dari SKK ini bisa menjadi salah satu syarat untuk mengajukan pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan. Tentu harus sudah dilegalisir beserta fotocopy-nya dari perusahaan asal. Maka, kamu dapat mencarikan 10-30 persen dana BPJS Ketenagakerjaan meski kamu masih bekerja di perusahaan itu.
  3. Pinjaman di bank Fungsi surat keterangan kerja berikutnya ialah bisa untuk lampiran ketika kamu hendak meminjam dana di suatu bank.
    4. Terkait pengajuan beasiswa Kamu juga bisa menggunakan surat keterangan kerja untuk mengajukan beasiswa jalur profesional. Maka, kamu dapat melampirkan SKK itu yang sudah dilegalisir untuk proses pendaftaran beasiswa di jalur profesional.

1. Contoh surat referensi kerja

(Kop Perusahaan)

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.