5 Contoh Company Profile yang Benar, Sebuah Panduan Praktis untuk Sukses Berbisnis

5 September 2022 12:45 WIB
Contoh Company Profile yang Benar (ilustrasi)
Contoh Company Profile yang Benar (ilustrasi) ( Pexels)

Sonora.ID - Inilah beberapa contoh company profile yang benar dan bisa dijadikan referensi untuk para pelaku pebisnis pemula. Semoga bermanfaat.

Dilansir Buku Panduan Praktis Pembuatan Company Profile Bagi Pelaku Usaha Kecil Menengah (2021), Company profile atau profil perusahaan adalah laporan yang memberikan gambaran tentang sejarah, status saat ini dan tujuan masa depan sebuah bisnis.

Sebuah company profile dapat dibuat singkat dalam satu halaman atau mengandung data yang cukup untuk mengisi beberapa halaman untuk menjelaskan tata nilai perusahaan yang didirikan.

Company Profile berisi dasar tata nilai perusahaan yang terdiri dari corporate value (nilai perusahaan) serta product value (nilai produk yang dihasilkan) serta excellence corporate (keunggulan perusahaan) dibanding pesaing.


Isi dan Susunan Company Profile

Sebuah company profile sebaiknya memuat beberapa unsur berikut ini:

  1. Cover depan (wajib): cover depan berisi nama dan logo perusahan. Tanpa cover, para pembaca tidak akan mengetahui tentang identitas awal dari perusahaan itu sendiri. Disarankan untuk membuat desain yang menarik dan membuat pembaca penasaran.
  2. Kata pengantar (opsional). Buatlah kata pengantar yang singkat dan tidak bertele-tele
  3. Tentang Kami, Sejarah Perusahaan/About Us (wajib). Bagian ini berisi informasi dasar mengenai perusahaan mulai dari tahun berdiri, pendiri, latar belakang pendirian perusahaan, jenis usaha yang dijalankan, dan berbagai informasi lain.
  4. Visi dan misi perusahaan (wajib). Bagian ini berisikan gambaran kepada klien tentang cita-cita besar yang ingin dicapai oleh perusahaan. Adapun misi perusahaan ditujukan untuk memberi informasi berupa upaya yang telah dan akan dilakukan untuk dapat meraih visi tersebut.
  5. Anggota tim (opsional). Bagian ini berisikan informasi siapa saja yang memegang peranan dalam perusahaan. Selain nama dan jabatan, jabarkan juga kualifikasi dan tanggung jawab masing-masing orang.
  6. Produk atau jasa perusahaan (wajib). Bagian ini biasanya menjadi fokus utama para klien. Anda perlu menuliskan produk atau jasa apa yang ditawarkan perusahaan lengkap dengan foto atau gambar.
  7. Kelebihan atau mengapa memilih kami (wajib). Tonjolkan kelebihan perusahaan agar klien tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.
  8. Pengalaman perusahaan atau daftar klien (opsional namun penting). Bagian ini bisa menampilkan nama-nama klien besar yang sudah pernah bekerja sama. Hal ini penting untuk membangun reputasi dan kepercayaan dari calon klien.
  9. Galeri foto (opsional). Tambahkan foto-foto yang menggambarkan kegiatan perusahaan, baik produksi, foto kegiatan karyawan hingga foto CSR.
  10. Testimoni (opsional)
  11. Cover belakang dan kontak informasi (wajib). Di bagian cover belakang jangan lupa mencantumkan kontak informasi perusahaan mulai dari alamat, nomor telepon, email dan akun media sosial perusahaan yang dapat dihubungi calon klien.
  12. Informasi tambahan. Bagian ini untuk melengkapi informasi yang telah diberikan sebelumnya. Misalnya saja sertifikat ISO, legalitas perusahaan, struktur perusahaan dan lain sebagainya.

Baca Juga: Contoh Cover Letter Bahasa Inggris dan Artinya, Sudah Siap Resign?


Contoh Company Profile Sesuai Jenisnya

Inilah beberapa contoh company profile sesuai jenisnya:

1.Contoh Company Profile Berupa Buku

Ada beberapa perusahaan yang membuat company profile berupa buku atau majalah. Berikut contohnya:

Contoh company profile berupa buku


2.Contoh Company Profile Berupa Brosur

Contoh company profile berupa brosur

3.Contoh Company Profile Berupa Slide Power Point

Contoh company profile slide show

4. Contoh Company Profile di situs resmi perusahaan

Contoh Company Profile di situs resmi perusahaan (ilustrasi)

5.Contoh Company Profile berupa video

Contoh Company Profile berupa video

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm