10 Contoh Teks MC Formal untuk Berbagai Acara, Ada Acara Kampus!

Diperbaharui 17 Februari 2023 06:57 WIB
Ilustrasi Contoh Teks MC Formal untuk Berbagai Acara
Ilustrasi Contoh Teks MC Formal untuk Berbagai Acara ( Freepik.com)

Sonora.ID - MC atau Master of Ceremony adalah pihak yang bertugas untuk memandu jalannya acara dari awal hingga akhir dan memastikan acara tersebut berjalan dengan baik sesuai dengan rundown yang sudah disusun.

Berbagai acara membutuhkan MC atau sang pembawa acara ini agar jalannya acara sesuai dengan susunan yang sudah disiapkan.

Tak hanya itu, MC juga memegang kendali dalam menciptakan suasana yang pas dan menyenangkan bagi seluruh peserta acara tersebut.

Maka, perlu adanya persiapan yang matang bagi MC, termasuk mempersiapkan kata-kata pada saat memimpin acara yang diserahkan kepadanya.

MC juga diharapkan bisa memilih kata-kata yang sesuai dengan audience yang datang, formalitas acara, serta kebutuhan dari pihak-pihak terkait misalnya client.

Di sisi lain, MC juga perlu memiliki kepekaan yang tinggi sehingga jika ada perubahan bisa dengan cepat melakukan improvisasi dengan demikian peserta tetap bisa menikmati acara meski ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Kamu memiliki kesempatan jadi MC?

Baca Juga: Contoh Teks MC Malam Tirakatan 17 Agustus, dengan Susunan Acara

Agar lebih jelasnya, berikut ini adalah 10 contoh teks MC formal untuk berbagai acara, salah satunya acara kampus.

  • Peringatan Hari Merdeka

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua Yang saya hormati, Bapak lurah... beserta jajaran. Yang saya hormati, Bapak Ketua Karang taruna... Serta Bapak/Ibu, hadirin sekalian yang berbahagia. 

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya atas perkenan-Nya kita dapat hadir pada acara perayaan HUT Kemerdekaan RI, di tanggal 17 Agustus ini. Saya ucapkan terima kasih kepada hadirin yang telah menghadiri undangan dari kami. Hadirin yang terhormat, izinkanlah saya... sebagai pemandu acara ini, membacakan susunan acara pada hari ini, yakni sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan doa
  3. Menyanyikan lagu Indonesia Raya
  4. Sambutan Ketua Panitia dan Sambutan Bapak Lurah
  5. Pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah
  6. Penutupan

Acara pertama, yaitu pembukaan. Marilah kita bersama-sama membuka acara ini dengan bacaan basmalah. Tak lupa, marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan hidayahnya, maka kita masih diberi kesempatan untuk berkumpul pada hari ini tanggal 17 Agustus 2022 di acara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Desa…

Selanjutnya, marilah kita menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hadirin kami mohon berdiri. Terima kasih, hadirin kami persilakan duduk kembali. Acara yang ketiga yaitu sambutan-sambutan. Sambutan pertama akan disampaikan oleh ketua panitia. 

Kami persilakan ... untuk memberikan sambutan. Terima kasih, kami sampaikan kepada panitia.  Sambutan selanjutnya dari Bapak Lurah…... Kami persilakan kepada Bapak Lurah……. Demikian sambutan Bapak Lurah ...., semoga kita mampu melaksanakan pesan dan arahan yang disampaikan Bapak Lurah dalam sambutan tadi. Hadirin yang berbahagia, tibalah kita memasuki acara inti yakni, pemotongan tumpeng oleh Bapak Lurah..... Untuk itu, kepada Bapak Lurah kami persilakan. 

Bapak/Ibu yang kami hormati, akhirnya sampailah kita ke penghujung acara HUT RI di kelurahan....  Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran dan partisipasi Bapak/Ibu. Mewakili seluruh panitia penyelenggara, kami memohon maaf bila ada hal-hal dari kami yang kurang berkenan. Terima kasih.  Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 

  • Wisuda

Yth. Rektor Universitas.......

Yth. Wakil Rektor Universitas......

Yth. Bapak dan Ibu dosen Program Universitas......

serta kepada wisudawan/wisudawati periode II, (tanggal, bulan, tahun) yang berbahagia.

Puji syukur mari kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan limpahan rahmat kesehatan, keselamatan, dan karunia kepada kita. Sehingga kita dapat hadir di acara ini dengan selamat/sehat wal’afiat. Amin.

Sholawat serta salam marilah senantiasa kita sanjungkan kepada junjungan kita Nabi Besar Nabi Muhammad SAW yang selalu kita tunggu syafaatnya hingga hari akhir nanti.

Selanjutnya saya... dan saya... selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara pada pagi hari ini.

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran dan sari tilawah
  3. Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya
  4. Sambutan-sambutan
  5. Pembekalan Wisudawan/wisudawati 
  6. Penyerahan penghargaan Mahasiswa terbaik dan prakata
  7. Pemberian kenang-kenangan
  8. Hiburan
  9. Istirahat
  10. Penutup

Memasuki acara yang pertama yaitu pembukaan, marilah kita buka acara ini dengan bacaan basmalah bersama-sama. Acara kedua yaitu pembacaan ayat suci Alquran... dan sari tilawah yang akan dibacakan oleh Saudara... dan Saudari.... Kepada Saudara dan Saudari kami persilahkan.

Terimakasih kepada saudara... dan saudari... Semoga dengan pembacaan ayat suci Alquran dan saritilawah tadi, dapat memberikan manfaat yang besar bagi kita semua, Amin.

Dilanjutkan dengan acara yang ketiga yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya, yang dipimpin oleh saudara/ri.... Kepada saudari..., kami persilahkan untuk memimpin menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Hadirin dimohon untuk berdiri.

Hadirin diperkenankan untuk duduk kembali.

Acara yang keempat adalah sambutan-sambutan.

  1. Sambutan pertama akan disampaikan oleh Ketua Rektor Universitas.... Kepada Bapak.... kami persilahkan.

Demikian sambutan dari Ketua Rektor Universitas ..., kami ucapkan terima kasih atas sambutannya.

  1. Sambutan kedua dari Wakil Rektor Universitas...Demikian sambutan dari Bapak... kami ucapkan terima kasih atas sambutannya.

Acara selanjutnya pembekalan kepada wisudawan/wisudawati...

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm