17 Ucapan Belasungkawa Bahasa Jawa dan Artinya, Umum serta Islami

16 September 2022 10:11 WIB
Ilustrasi ucapan belasungkawa dalam bahasa Jawa dan artinya.
Ilustrasi ucapan belasungkawa dalam bahasa Jawa dan artinya. ( Pixabay/Larisa Koshkina)

Sonora.ID - Inilah ucapan belasungkawa bahasa Jawa dan artinya, baik ucapan yang untuk umum atau pun islami bagi yang muslim.

Saat ada kenalan baik itu teman, tetangga, atau kerabat mengalami sebuah musibah, ada baiknya kita mengucapkan ucapan bela sungkawa untuk menunjukkan rasa simpati dan peduli.

Ucapan bela sungkawa ini dapat disampaikan dengan berbagai bahasa, termasuk bahasa Jawa. Dalam bahasa Jawa, belasungkawa juga disebut dengan "belasungkawa" (dibaca belosungkowo).

Ucapannya kemudian biasa diikuti dengan kata "nderek", "ngaturaken", atau "tumut".

Baca Juga: Arti Sugeng Ambal Warsa dalam Bahasa Jawa dan 20 Contoh Penggunannya

Selengkapnya, simak ucapan belasungkawa bahasa Jawa dan artinya seperti yang dirangkum dari Tribun Sumsel dan Adjar Grid.ID.

1. Innalillahi wainna ilaihi raji'un. Nderek belasungkawa, mugi arwahipun saget dipun tampi dumateng ngarsanipun Pangeran.
Artinya: Innalillahi wainna ilaihi raji'un. Turut berdukacita, semoga arwahnya diterima oleh Tuhan.

2. Nderek belasungkawa Mugi-mugi sedanten kekilafan lan kesalahan dingapunten dateng Allah, lan diparingi panggen ingkang sae.
Artinya: Turut berduka cita. Semoga semua kekhilafan dan kesalahan dimaafkan Allah dan diberikan tempat yang baik.

3. Innalillahi wainna ilaihi raji'un Kulo ngaturaken nderek belasungkawa ingkang sakageng-agengipun. Mugi-mugi Gusti paring kekiatan dhateng keluarga ingkang dipun tilar lan mugi-mugi panjenenganipun almarhum dipun tampi sedaya amal lan ibadahipun.
Artinya: Innalillahi wainna ilaihi raji'un. Saya menyampaikan turut berbelasungkawa yang sebesar-besarnya. Semoga Tuhan memberikan kekuatan untuk keluarga yang ditinggalkan dan semoga semua amal dan ibadah almarhum diterima.

4. Mugi-mugi amal kesaenanipun almarhum/almarhumah ditampi ingkang sisi Allah SWT lan keluarga ingkang ditinggal saget ikhlas nampi.
Artinya: Innalillahi wainna ilaihi raji'un. Semoga aman almarhum/almarhumah diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan bisa ikhlas menerima.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.