FANTASTIS! Segini Gaji Hacker di Dunia, Nominalnya Capai Miliaran!

16 September 2022 15:30 WIB
Gaji hacker di dunia
Gaji hacker di dunia ( Pexels)

Sonora.ID - Sosok hacker belakangan jadi sorotan setelah kemunculan Bjorka yang berhasil membobol data pemerintah dengan mudah. Banyak orang dibuat penasaran sebenarnya berapa gaji hacker di dunia?

Sebagian orang masih menganggap hacker sebagai kegiatan tak terpuji demi meraih keuntungan tertentu. Sejumlah hacker bahkan memanfaatkan kemampuannya yang dapat merugikan pihak-pihak yang diretasnya.

Namun tahukah Anda ternyata hacker juga bisa menjadi profesi yang memiliki gaji layaknya pekerja biasa.

Nominal gajinya pun tak sembarangan. Seorang hacker profesional akan mendapatkan bayaran tinggi sesuai dengan tingkat kemampuannya.

Jangan berpikir pekerjaan hacker profesional sama seperti hacker-hacker di luaran sana. Sejumlah perusahaan mempekerjakan seorang hacker profesional untuk tujuan keamanan.

Sebelum mengetahui berapa gaji profesi hacker di dunia, Anda juga perlu tahu alasan kenapa sejumlah perusahaan mempekerjaan hacker.

Baca Juga: 7 Hacker Paling Terkenal dan Berbahaya di Dunia, Lebih Jago dari Hacker Bjorka yang Viral?


Mengapa perusahaan mempekerjakan hacker profesional?

Dilansir dari situs securitymadesimple, umumnya perusahaan mempekerjakan hacker profesional untuk pengujian keamanan.

Mereka akan memberikan bayaran kepada hacker untuk mencoba meretas perusahaan mereka. Tujuannya agar perusahaan dapat mengetahui seberapa efektif kontrol keamanan mereka dan apa yang perlu mereka ubah agar lebih aman.

Misalnya jika sebuah perusahaan merilis aplikasi web baru, mereka akan mempekerjakan orang untuk meretas aplikasi web tersebut dan melihat apa kelemahannya sebelum aplikasi dirilis.

Dengan cara ini ketika aplikasi memasuki pasar, kecil kemungkinan peretas akan dapat menemukan kelemahan dalam aplikasi yang akan menghabiskan uang perusahaan.

Selain itu, perusahaan swasta juga mempekerjakan hacker profesional untuk meretas pesaing.

Perusahan ingin mencari tahu tentang rencana pesaing mereka atau membuat layanan pesaing tidak tersedia untuk pelanggan sehingga mereka tidak punya pilihan selain beralih ke layanan mereka. Tindakan ini 100 persen ilegal namun masih banyak perusahaan yang melakukannya.

Mengenal Ethical Hacker

Ethical hacker, peretas etis atau yang biasa disebut sebagai peretas topi putih, adalah seorang yang dipekerjakan untuk menembus sistem komputer, jaringan, aplikasi, atau sumber daya komputasi lainnya atas nama perusahaan.

Banyak perusahaan seperti Google dan Facebook mempekerjakan ethical hacker untuk mencegah kebocoran data besar-besaran atau serangan berbahaya.

Individu yang sangat terampil ini membantu organisasi dengan meretas sistem dengan cara yang telah direncanakan dan disetujui sebelumnya. Sebagai hasil dari pekerjaan mereka, keamanan siber akan meningkat.

Prospek pekerjaan bagi mereka yang ingin memulai karir di bidang peretasan etis sangat tinggi. Bahkan lebih tinggi dibanding pekerjaan sebagai programmer.

Seorang ethical hacker dapat memperoleh lebih banyak uang dengan menambahkan sertifikasi atau bahkan gelar master ke resume mereka.

Adapun gaji setiap hacker ini bergantung pada lokasi, pengalaman bertahun-tahun, dan, tentu saja, kinerja.

Baca Juga: CEK Fakta! Hacker Bjorka Sudah Tertangkap di Madiun?

Gaji Hacker di Dunia

Dilansir dari laman cybersecurityjob, seorang ethical hacker bisa mendapatkan gaji rata-rata hingga $105.300 atau Rp 1,5 Miliar.

Bahkan sejumlah perusahaan berani memberikan gaji hingga $ 700.000 atau Rp 10,5 Miliar per tahun.

Sama seperti banyak profesi lainnya, untuk mulai bekerja sebagai ethical hacker tentu tidak langsung mendapatkan gaji yang sangat besar. Gaji tahunan awal bagi pekerjaan ini yaitu $65.000 (Rp 973 juta) atau sekitar $31,25 (Rp 500 ribu) per jam.

Berbagai faktor menentukan gaji awal seorang peretas etis. Misalnya saja syarat minimal gelar sarjana hingga pengalaman di industri yang sama.

Negara dengan Gaji Profesi Hacker Tertinggi di Dunia

Negara bagian Washington menempati urutan teratas negara bagian dengan bayaran tertinggi untuk peretas etis.

Amazon dan Microsoft, keduanya perusahaan teknologi besar, membayar mahal untuk semua pekerjaan teknis. Namun, untuk peretas etis di Washington rata-rata mencapai $ 134.500 (Rp 2 Miliar) per tahun.

Berikut ini adalah negara bagian di Amerika Serikat dengan bayaran tertinggi untuk peretas etis:

  • Washington – $134.500
  • New York – $125.600
  • New Hampshire – $121,600
  • California – $119.500
  • Vermont – $114.800

Demikian informasi soal gaji hacker di dunia dan serba-serbi soal peretas etis. Tertarik mencoba?

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm