Ini Dia Cara Hitung Protein yang Dibutuhkan Tubuh Anda dalam Sehari

26 September 2022 14:45 WIB
Ilustrasi cara hitung protein yang dibutuhkan tubuh dalam sehari.
Ilustrasi cara hitung protein yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. ( Pixabay/Steve Buissinne)
Sonora. ID - Kata "protein" berasal dari kata Yunani "protos," yang berarti "peringkat satu atau posisi yang paling utama".
 
Protein melayani begitu banyak fungsi sehingga sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan tubuh sehari-hari, yang mana berbeda pada setiap orang.
 
Kebutuhan protein harian tergantung pada banyak faktor, seperti seberapa berat badan Anda, berapa banyak otot yang dimiliki, tidak hanya hanya karena perbedaan laki-laki atau perempuan semata. 
 
Senior Director, Worldwide Nutrition Education and Training, Herbalife Nutrition Susan Bowerman mengatakan mungkin Anda pernah membaca bahwa kebanyakan orang sudah mengonsumsi makanan yang mengandung protein lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan harian mereka atau mendapat informasi bahwa kebutuhan protein wanita rata-rata adalah sekitar 46g per hari, dan pria membutuhkan rata-rata sekitar 56g.
 
Tetapi perlu diingat, pedoman kebutuhan protein yang dikeluarkan oleh Dewan Makanan dan Nutrisi/Food and Nutrition Board dari Institute of Medicine tersebut hanya pada tingkat sekadar memenuhi kebutuhan protein dasar bagi tubuh.
 
Baca Juga: 3 Manfaat Kuning Telur yang Penting Bagi Kesehatan Tubuh, Ibu-ibu Wajib Tahu!

Berapa Banyak Protein yang Tepat untuk Anda?

Bagaimanapun, manusia memiliki ukuran yang berbeda, dan komposisi tubuh mereka sangat bervariasi sehingga kebutuhan protein juga bisa sangat bervariasi.
 
Salah satu pedoman dari Institute of Medicine merekomendasikan agar kita mengonsumsi  protein sebanyak 10 hingga 35 persen dari total kalori harian kita.
 
Pedoman ini sedikit membantu—paling tidak mencoba mengkaitkan kebutuhan protein dengan kebutuhan kalori.
 
Akan tetapi, jangkauan kisaran persentase kalorinya cukup luas, dan kebanyakan orang akan kesulitan untuk memenuhinya.
 
Lalu, bagaimana cara memperkirakan berapa banyak protein yang dibutuhkan tubuh? Berikut dua metode yang bisa Anda gunakan:
 
Metode 1: Hitung Menggunakan Massa Tubuh Tanpa Lemak 
 
Karena protein sangat penting dalam menjaga massa tubuh tanpa lemak, jumlah yang disarankan yang harus dikonsumsi setiap hari tergantung berapa banyak massa tanpa lemak yang kita miliki.
 
Idealnya, Anda sudah mengetahui perhitungan komposisi tubuh sehingga Anda sudah tahu berapa banyak massa tubuh tanpa lemak yang Anda miliki.
 
Kemudian setelah mengetahui berapa massa tubuh tanpa lemak, Anda dapat dengan mudah menentukan jumlah protein yang disarankan untuk dikonsumsi.
 
Perhitungannya, 0,5 hingga 1 gram protein per pon massa tubuh tanpa lemak. Jika Anda menggunakan sistem metrik, perhitungannya adalah sekitar 1 hingga 2 gram protein per kilogram massa tubuh tanpa lemak.
 
Baca Juga: 3 Mitos Konsumsi Protein di Kalangan Orang Indonesia: Bentuk Otot?

Metode 2: Perhitungan Menggunakan Berat Badan 

Jika Anda tidak dapat mengetahui analisa komposisi tubuh, Anda dapat memperkirakan kebutuhan protein berdasarkan berat badan saat ini.
 
Namun, ini bukanlah metode yang sempurna karena tidak memperhitungkan berapa banyak massa otot yang dimiliki seseorang, tetapi setidaknya memperhitungkan perbedaan ukuran tubuh setiap orang.
 
Berikut cara menghitung kebutuhan protein berdasarkan berat badan:
1. Dalam pon: kalikan berat badan dengan 0,7
2. Dalam kilogram: kalikan berat badan dengan 1,5
 
Jumlah yang didapatkan dari perkalian itu adalah target jumlah protein yang harus Anda penuhi setiap hari dalam hitungan gram.
 
Contoh, seorang wanita dengan berat 140lbs (64kg) harus mengonsumsi sekitar 100g protein sehari. Seorang pria seberat 220 pon (110kg) harus mengonsumsi setidaknya 150g protein.
 
Dengan salah satu metode tersebut, jumlah protein yang disarankan lebih disesuaikan dengan kebutuhan Anda daripada rekomendasi umum yang hanya berdasarkan jenis kelamin saja.
 
Tentu saja, jika memiliki spesifik tujuan sebagai atlet, seperti latihan kekuatan atau daya tahan, kebutuhan mungkin lebih bervariasi, dan memerlukan informasi yang lebih rinci dalam menghitung makro untuk kinerja atletik.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.