Enam Negara Penerima Program Arigatou Fellowship Ikuti Lokakarya Regional Pendidikan Etika

4 Oktober 2022 11:17 WIB
Arigatou International bekerja sama dengan Guerrand-Hermès Foundation for Peace, Global Humanity for Peace Institute, the Higher Committee for Human Fraternity, King Abdullah Bin Abdulaziz International Dialogue Centre (KAICIID), UNESCO Regional Office for Eastern Africa dan UNESCO New Delhi Cluster Office menyelenggarakan Lokakarya Regional Pendidikan Etika di Yogyakarta, pada 2 s.d. 9 Oktober 2022.
Arigatou International bekerja sama dengan Guerrand-Hermès Foundation for Peace, Global Humanity for Peace Institute, the Higher Committee for Human Fraternity, King Abdullah Bin Abdulaziz International Dialogue Centre (KAICIID), UNESCO Regional Office for Eastern Africa dan UNESCO New Delhi Cluster Office menyelenggarakan Lokakarya Regional Pendidikan Etika di Yogyakarta, pada 2 s.d. 9 Oktober 2022. ( )

Yogyakarta, Sonora.ID - Arigatou International bekerja sama dengan Guerrand-Hermès Foundation for Peace, Global Humanity for Peace Institute, the Higher Committee for Human Fraternity, King Abdullah Bin Abdulaziz International Dialogue Centre (KAICIID), UNESCO Regional Office for Eastern Africa dan UNESCO New Delhi Cluster Office menyelenggarakan Lokakarya Regional Pendidikan Etika di Yogyakarta, pada 2 s.d. 9 Oktober 2022.

Sebanyak 28 peserta penerima Program Arigatou Fellowship dari enam negara yaitu Bangladesh, Nepal, Mauritus, Kenya, Seychelles, dan Indonesia mengikuti program ini dengan mengundang 10 trainer dari delapan negara yaitu Italia, Colombia, Nigeria, Amerika Serikat, Inggris, Austria, Kenya, dan Indonesia.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nunuk Suryani menyambut hangat kedatangan peserta Lokakarya Regional Program Arigatou Fellowship Pendidikan Etika.

“Atas nama Kemendikbudristek, saya mengucapkan selamat datang kepada semuanya. Saya senang melihat Bapak/Ibu dari berbagai negara hadir di Indonesia untuk melaksanakan lokakarya ini,” ujar Nunuk dalam sambutannya secara daring saat membuka Lokakarya Regional Pendidikan Etika di Yogyakarta, Senin (3/10).

Nunuk menyampaikan program kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari Simposium Pendidikan Global yang terselenggara pada 22 s.d. 23 November 2021. Tujuan dari program ini, disampaikan Nunuk adalah untuk membangun masyarakat global yang damai dan inklusif.

Baca Juga: Kurikulum Merdeka untuk Mengatasi Loss Learning Akibat Pandemi 2 Tahun

“Melalui program ini, kita bersama-sama merancang dan menciptakan platform berbagi dan membangun kapasitas di lembaga pendidikan formal bagi kalangan pendidik, untuk memperkuat dan mengembangkan pelaksanaan kegiatan pendidikan etika yang berkelanjutan di negara-negara peserta,” ujar Nunuk.

Sebelumnya, lanjut Nunuk, Arigatou International Geneva dan Indonesia National Commission for UNESCO telah mengimplementasikan program pembelajaran hidup bersama (Learning Live Together) sebagai pilot project di Indonesia. Program ini telah memberikan pelatihan kepada hampir 1000 siswa di 30 sekolah dan pelatihan guru di tingkat prasekolah, dasar dan menengah; serta telah menerjemahkan buku panduan Learning Live Together ke dalam bahasa Indonesia.

Melalui program ini, Nunuk berharap para pelajar mampu membangun rasa kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama dan keluarga, meningkatkan rasa hormat dan empati, serta mengubah pola pikir pelajar menjadi agen perubahan.

“Program ini sejalan dengan implementasi Kurikulum Merdeka yaitu mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang merupakan ciri karakter pelajar Indonesia. Di mana pelajar Indonesia merupakan pembelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” imbuh Nunuk.

Sementara itu, Ketua Eksekutif Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Itje Chodidjah menyampaikan peran penting peserta Program Arigatou Fellowship Pendidikan Etika pada kegiatan lokakarya ini.

Halaman Berikutnya
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm