Pemerintah Segera Umumkan Indeks Capaian Revolusi Mental (ICRM ), Apa itu?

26 Oktober 2022 11:05 WIB
Staf Khusus Menko PMK Ravik Karsidi dan Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK, Didik Suhardi
Staf Khusus Menko PMK Ravik Karsidi dan Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK, Didik Suhardi ( Saortua Marbun)

Sonora.ID - Indeks Capaian Revolusi Mental (ICRM) seluruh daerah di Indonesia akan diumumkan pada 18 atau 19 Desember 2022 mendatang. ICRM akan dihitung melalui lima indikator, yakni Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Mandiri, Gerakan Indonesia Tertib, dan Gerakan Indonesia Bersatu.

Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK, Didik Suhardi mencontohkan jika usaha UMKM semakin meningkat, maka artinya Gerakan Indonesia Mandiri semakin baik, termasuk juga seberapa besar peningkatan koperasi.

"Demikian pula dengan Gerakan Indonesia Melayani, kalau semakin banyak mal pelayanan publik, berarti sudah semakin baik. Karena jika layanan makin mudah, kan makin transparan, kemudian pegawainya juga makin pintar dan hospitality-nya semakin bagus," ujar Didik kepada awak media di Jakarta pada Selasa (25/10).

Didik juga menggarisbawahi bahwa untuk menyukseskan Gerakan Nasional Revolusi Mental, tentu tidak bisa dilakukan oleh pemerintah seorang diri, melainkan butuh kerja sama berbagai stakeholder melalui pentahelix, termasuk peran media massa.

Baca Juga: Kemenko PMK Cek Penanganan Stunting Kota Ambon

Di kesempatan yang sama, Staf Khusus Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ravik Karsidi menjelaskan bahwa ICRM menggunakan metode sampling yang diambil dari seluruh provinsi di Indonesia. Meski tidak seakurat sensus, namun survei ICRM yang menggandeng Badan Pusat Statistik (BPS) tersebut cukup mewakili potret pelaksanaan Gerakan Revolusi Mental di masing-masing daerah.

"Memang tidak semua orang ditanya seperti sensus, tapi katakanlah untuk mengetahui kabupaten tertentu ada kelompok mana yang ditanya, tapi mewakili dari satu kabupaten/kota tersebut," terang Ravik.

Staf Khusus Menko PMK Ravik Karsidi menambahkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) BPS akan jadi salah satu sumber data ICRM. Data ini kemudian diolah kembali untuk kepentingan analisa terhadap 24 indikator yang berfungsi untuk menilai penerapan Revolusi Mental di daerah-daerah.

Riset mengenai implementasi Gerakan Nasional Revolusi Mental terakhir telah dilakukan pada 2018. Pada saat itu, ICRM di angka 67,01.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm