Macam-Macam Preposition dan Contoh Kalimatnya, Lengkap!

31 Oktober 2022 13:40 WIB
ilustrasi Macam-Macam Preposition dan Contoh Kalimatnya
ilustrasi Macam-Macam Preposition dan Contoh Kalimatnya ( Pexels)

Sonora.ID - Berikut ini adalah ulasan mengenai macam-macam preposition dan contoh kalimatnya. Selamat belajar.

Preposition adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan hubungan di antara noun atau pronoun dengan bagian lainnya dalam kalimat (noun, pronoun, noun phrase, noun clause, gerund, gerund phrase, infinitive). Kata setelah preposition disebut object of preposition.

Dalam kamus Inggris-Inggris, preposition diberi tanda prep. Adapun dalam kamus Inggris Indonesia, kata depan diberi tanda kd.

Preposition atau kata sambung ini biasanya diletakkan di depan kata benda atau kata ganti benda (orang) untuk menyatakan hubungan, bukan menghubungkan suatu orang (benda) dengan benda lainnya.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan preposition. Dalam Buku Tokcer Kuasai Bahasa Inggris, berikut penjelasannya:

  1. Preposisi dalam bahasa Inggris tidak bisa diikuti oleh kata kerja. Preposisi hanya diikuti oleh kata benda.
  2. Termasuk kata benda, yaitu: noun (kata benda), seperti "car", "dog", "table", "chair", dan lain sebagainya. Proper noun (nama orang/nama tempat), seperti Komeng, Japra/Yogyakarta, Semarang, dan lain-lainnya. Pronoun (kata ganti), seperti "his", "me", "her", dan lain sebagainya.
  3. 3. Jika ingin menyertakan preposisi dengan kata kerja, maka ubah kata kerja tersebut ke dalam bentuk "-ing" yang disebut gerund.
  4. Ada berbagai macam preposisi. Namun, jenis kata yang sering digunakan, antara lain "above", "after", "against", "among", "around", "at", "before", "behind", "below", "beside", "between", "beyond", "but", "by", "down", "during", "except", "for", "from", "in", "inside", "into", "like", "near", "of", "off", "on", "onto", "out", "outside", "over", "past", "since", "through", "till", "to", "toward", "under", "underneath", "until", "up", "upon", "with", dan "without".

Baca Juga: 31 Contoh Kalimat Conjunction dalam Bahasa Inggris dan Penjelasan Materi Lengkap!

Macam-Macam Preposition dalam Bahasa Inggris Beserta Contoh

Ada berbagai macam preposition dalam bahasa Inggris beserta contoh kalimatnya yaitu:

1. Preposition of Time

Preposisi ini digunakan untuk menunjukkan arah, lokasi, waktu, atau memperkenalkan objek. Misalnya on, or dan in.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm