Cara Cek Penerima BSU Tahap 7, Pakai Aplikasi Pospay Lalu Dapat QRCode

4 November 2022 15:00 WIB
Ilustrasi Cara Cek Penerima BSU Tahap 7
Ilustrasi Cara Cek Penerima BSU Tahap 7 ( https://unsplash.com/)

Sonora.ID - Sejak pandemi melanda Indonesia terjadi perubahan yang luar biasa, termasuk penurunan kondisi ekonomi karena adanya PHK yang menimpa banyak masyarakat sehingga daya beli pun menurun.

Pemerintah tidak tinggal diam sehingga berbagai subsidi atau bantuan pun diberikan kepada masyarakat dengan kriteria tertentu.

Termasuk salah satunya adalah BSU atau Bantuan Subsidi Upah tahap 7 melalui PT Pos Indonesia (Persero)/ Kantor Pos yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan.

Dikutip dari Kompas.com, Menaker Ida Fauziyah menyatakan bahwa BSU tahap 7 ini diberikan kepada 3,6 juta pekerja yang tidak memiliki rekening Bank Himbara atau rekening bermasalah, dan pencairannya sudah dilakukan sejak beberapa hari yang lalu.

"Penyaluran BSU tahap tujuh melalui Kantor Pos telah mulai disalurkan sejak beberapa hari kemarin," kata dia dikutip dalam siaran pers Kemnaker, Kamis (3/11/2022).

Proses pencairan

Berbeda dengan pencairan dengan Bank Himbara, pencairan melalui Kantor Pos ini awalnya harus ada pencetakan undangan bagi para calon penerima BSU yang telah lolos verifikasi dan validasi.

"Kantor Pos mencetak undangan, kemudian menyampaikan undangan tersebut kepada penerima BSU melalui perusahaan. Nah nanti penyaluran dilakukan dengan dua skema, secara kolektif di perusahaan atau penerima ini mengambil langsung di Kantor Pos," jelasnya.

Untuk mengetahui penerima subsidi gaji terdaftar di Kantor Pos, dapat melakukan pengecekan melalui aplikasi Pospay (milik PT Pos Indonesia).

Baca Juga: Penyaluran BSU Tahap Akhir di Jabar Terhambat

Cara cek penerima BSU tahap 7 melalui aplikasi Pospay

  • Unduh (download) apliasi Pospay yang bisa didapatkan di Playstore atau App Store
  • Masuk ke aplikasi dan lakukan registrasi akun. Caranya dengan membuat username, password, memasukkan kode OTP yang dikirim via SMS, serta membuat PIN transaksi.
  • Jika akun berhasil dibuat, masuk ke akun terdaftar dengan cara klik tombol berwarna merah di pojok kanan halaman utama dan klik logo Kemnaker
  • Klik "BSU Kemenaker 1" di kolom "Jenis Bantuan"
  • Siapkan e-KTP, lalu klik "Ambil Foto Sekarang". Hasil foto e-KTP harus jelas agar terbaca oleh sistem. Apabila tidak terdeteksi oleh sistem maka bisa ambil ulang foto e-KTP Anda.
  • Lengkapi seluruh data pribadi Anda, lalu klik "Lanjutkan".
  • Dalam aplikasi PosPay akan menampilkan status penerima BSU. Apabila NIK dan data sesuai dengan data penerima BSU Kemenaker, akan muncul QR Code dengan keterangan "Selamat Anda menerima QRCode BSU Kemnaker 1".

Jika Anda termasuk penerima BSU, Anda bisa menunjukkan QR Code tersebut ke Kantor Pos untuk pencairan BSU.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: Presiden Jokowi dan Menaker Ida Fauziyah akan Salurkan BSU di Sulteng

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm