Contoh Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari, Apa Saja?

5 November 2022 10:00 WIB
Contoh listrik statis dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh listrik statis dalam kehidupan sehari-hari. ( Pixabay)

Sonora.ID - Dalam materi Fisika kali ini kita akan membahas mengenai listrik statis. Listrik statis merupakan kumpulan muatan listrik berjumlah tertentu yang tidak mengalir atau tetap (statis) dan timbul karena benda yang beraliran listrik saling bertautan tanpa adanya sumber daya listrik.

Ketika membicarakan mengenai listrik statis, Anda mungkin juga akan teringat dengan listrik dinamis.

Listrik dinamis sendiri merupakan listrik yang bisa mengalir atau bergerak dalam rangkaian listrik.

Listrik statis tentunya berbeda dengan listrik dinamis. Berikut ini beberapa perbedaan listrik statis dan listrik dinamis.

  • Listrik statis mengalir dan perpindahan arusnya terbatas, sementara listrik dinamis merupakan muatan listrik yang mengalir.
  • Listrik statis terjadi karena gosokan dua material berbeda, sementara listrik dinamis terjadi karena arus searah dan arus bolak balik.
  • Tegangan listrik statis sulit diukur, sedangkan listrik dinamis dapat diukur menggunakan alat ukur baku.

Baca Juga: Fungsi Sentrosom pada Sel Hewan Lengkap dengan Penjelasan Strukturnya

Contoh Listrik Statis dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari kita pun dapat menemukan beberapa contoh listrik statis seperti dalam ulasan berikut ini.

  • Terbentuknya petir saat hujan. Hal ini terjadi karena adanya kumpulan awan membentuk awan besar yang mengandung air, sehingga terjadi pergesekan antara awan satu dengan lainnya. Akibat dari pergesekan ini, elektron membentuk gesekan muatan listrik dari awan menuju permukaan Bumi untuk dinetralkan sehingga terjadilah petir.
  • Penyegar udara untuk ruangan ternyata menggunakan prinsip listrik statis. Penyegar udara bekerja melepaskan elektron dari molekul asap, partikel debu, dan partikel bau di udara. Partikel debu, asap, dan bau ini menjadi bermuatan listrik positif dan kemudian tertarik dan menempel pada perangkat penjernih udara yang muatan negatif. Setelah beberapa saat, polusi berasal dari udara akan hilang.
  • Muncul percikan api di ban mobil ketika melintasi jalan raya, karena listrik statis timbul akibat gesekan ban mobil dengan aspal.
  • Mesin foto copy menggunakan prinsip listrik statis untuk menyalin cetakan dari halaman yang disalin ke halaman salinan.
  • Rambut yang disisir terlalu lama akan menempel pada sisir plastik tersebut.
  • Kain sutra yang digosokkan ke kaca akan menempel.
  • Setelah lama duduk di kursi plastik, saat kita mendekatkan kursi ke kaki, rambut halus di kulit akan terasa berdiri tegak ke arah kursi plastik karena adanya gesekan antara folikel rambut dan kursi berbahan plastik.
  • Penangkap debu dan asap dalam pengendalian pencemaran juga menggunakan prinsip listrik statis.

Baca Juga: 15 Cara Menghemat Listrik dalam Kehidupan Sehari-hari, Yuk Biasakan!

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm