Koperasi Kalbar Re-Branding ke Arah Digital

9 November 2022 13:10 WIB
Keterangan foto: Suherman, SE, Ketua PLUT Kalbar
Keterangan foto: Suherman, SE, Ketua PLUT Kalbar ( Sumber foto: William)

Sonora.ID - Koperasi di Kalimantan barat saat ini harus sudah menyesuaikan dengan era digitalisasi seperti sektor – sektor lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa koperasi sebagai jasa keuangan atau induk simpan pinjam, namun kini koperasi di Kalbar sedang melakukan Re-Branding agar bisa menjadi lebih profesional bahkan bisa selevel dengan perusahaan. 

Ketua Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kalbar, Suherman, SE., mengatakan koperasi bisa menjalankan fungsinya mengekspor produk – produk yang dihasilkan, selain koperasi di bidang jasa keuangan.  

“Dulu kan koperasi dikenal sebagai tempat simpan pinjam, sekarang  bagaimana kita juga bisa produksi, terus tentang pemasarannya juga, maka dari itu koperasi ini harus kita branding. Jadi bagaimana masyarakat bisa memproduksi sampai mengekspor hasil produksinya,  sehingga tercipta pasar dari hulu ke hilir, “ terangnya. 

Baca Juga: Resmikan KCP Nahaya Koperasi Simpan Pinjam CU Semarong, Staf Ahli Bupati Harap Terapkan Tata Kelola yang Transparan

Dirinya ingin agar pola pikir masyarakat bisa berubah dengan menjadikan koperasi bukan hanya tempat simpan pinjam dana.

Namun supaya koperasi nantinya bisa produktif, mandiri, dan berdaya saing.

Serta yang paling penting agar koperasi menjadi koperasi berbasis digital ke arah 4.0 seperti mempunyai database anggota yang berbasis IT. 

Suherman juga mengatakan di Kalimantan Barat saat ini terdapat koperasi yang sudah siap untuk memproduksi minyak sawit merah dan ada juga koperasi yang produk dari anggotanya yang diupgrading seperti hasil dari pertanian dan perikanan. 

“Kami dari PLUT Provinsi membeck-up kerja dinas – dinas dalam rangka mem-branding koperasi ke depan agar koperasi bisa berbasis digital, misalnya di koperasi simpan pinjam minimal memiliki software dimana anggotanya bisa mengetahui jumlah simpanannya secara update, “ jelasnya.  

Halaman Berikutnya
PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm