Contoh essay mahasiswa.
Contoh essay mahasiswa. ( Pixabay)

Contoh Essay Mahasiswa yang Baik dengan Beragam Tema, LENGKAP!

24 November 2022 18:30 WIB

Sonora.ID - Melansir dari buku Cara Cepat Menguasai Bahasa Indonesia SMA/MA Kelas X, XI, XII, essay atau esai merupakan sebuah tulisan yang mengungkapkan opini penulis mengenai subjek tertentu.

Teks ini pun memiliki beberapa tujuan, yaitu untuk menyampaikan sudut pandang penulis kepada pembaca, memberikan gambaran atau informasi mengenai suatu isu yang tengah dibahas, dan mengajak pembaca untuk mengikuti keinginan penulis.

Sama seperti halnya dengan jenis teks lainnya, teks ini pun memiliki beberapa ciri di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Bersifat pribadi lantaran penulisan essay disesuaikan dengan gaya penulisan penulisnya.
  • Singkat, padat serta jelas.
  • Mengandung penjelasan serta bukti guna memperkuat pendapat penulis.
  • Topiknya terbatas dan mampu mendorong pembaca untuk menerima pandangan tertentu.

Sementara itu, terkait dengan strukturnya biasanya teks essay terdiri dari pendahuluan (menjabarkan mengenai latar belakang informasi hal yang dibahas), isi (menyajikan seluruh informasi pembahasan), dan penutup (ringkasan).

Untuk memahaminya dengan lebih baik berikut ini beberapa contoh essay mahasiswa yang dapat kamu jadikan sebagai referensi.

Baca Juga: 10 Contoh Pidato Bahasa Indonesia Singkat dengan Beragam Tema

Contoh Essay Mahasiswa

1. Pendidikan Karakter Pancasila

Nilai-nilai yang terkandung dan termuat dalam Pancasila kini semakin memudar. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang lahir karena kemajemukannya dan perbedaan yang dipersatukan oleh kesadaran bersama untuk hidup sebagai bangsa yang merdeka dan juga berdaulat. Dari sini kita ketahui bahwa, indonesia lahir dari berbagai perbedaan yang ada seperti perbedaan suku, budaya, agama, adat istiadat, jenis kulit, jenis pekerjaan, dan masih banyak lagi. Namun, perbedaan tersebut bukan malah menjadi halangan ataupun pemutus tali persatuan sesama warga atau rakyat dari bangsa ini, tetapi perbedaan tersebut menjadi kekayaan dan kunci pemersatu bangsa Indonesia.

Masyarakat pada hari ini terutama para kaum muda seperti para pelajar dan cendekiawan muda tidak lagi mempererat tali persatuan yang yang tertulis dalam Pancasila. Kemajuan teknologi dari efek globalisasi mengakibatkan karakter Pancasila pada generasi muda dan juga pada seluruh lapisan masyarakat Indonesia luntur dan juga memudar. Namun, pendidikan karakter yang ada pada saat ini pun juga belum mencerminkan jati diri Indonesia yang sesungguhnya. Masih perlu banyak dimodifikasi dan disempurnakan kembali agar dapat segera diimplementasikan kepada generasi selanjutnya.

Pendidikan berkarakter Pancasila sangat dibutuhkan untuk generasi yang akan datang dan juga Generasi masa kini. Mengapa? Karena merekalah yang akan menjadi penerus bangsa dan pewaris seluruh kekayaan yang ada di negeri ini. Dengan menanamkan jiwa dan juga karakter Pancasila maka, pengamalan nilai-nilai pancasila akan mudah dilaksanakan nantinya. Pada setiap jenjang pendidikan perlu diberikan pendidikan berkarakter Pancasila untuk memperkuat karakter Pancasila yang sesungguhnya pada generasi muda.

Halaman Berikutnya

Video Pilihan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm