Hanya 8 Hari, Capaian Salur Bansos Tembus Angka di Atas 80 Persen

30 November 2022 12:00 WIB
Pemberian bantuan sosial dari Kemensos.
Pemberian bantuan sosial dari Kemensos. ( Dok. Biro Humas Kemensos)

Sonora.ID – Kementerian Sosial terus melakukan akselerasi dalam penyaluran bantuan sosial. Terhitung Selasa (29/11), penyaluran bansos mencapai lebih dari 80%.

Bahkan untuk PKH sudah menembus 90%. Padahal, penyaluran baru dimulai sejak 21 November lalu.

Data tersebut terungkap pada kegiatan penyaluran bansos di Kantor PT. Pos Indonesia, Jakarta Pusat untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah DKI Jakarta.
 
Bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Korpri ke-51, hari ini (29/11) disalurkan bansos PKH triwulan ke-4, Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) per 3 Bulan (Oktober, November, Desember), dan BLT BBM Tahap II per 2 bulan (November, Desember).
 
 
Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial, Harry Hikmat menyatakan, ada 3 jenis bantuan yang disalurkan di PT. Pos Indonesia.
 
 
Penyaluran bantuan sosial ini juga masuk dalam rangkaian HUT KORPRI ke-51.
 
“Untuk PKH per hari ini sudah sekitar 9,4 juta KPM dari 10 juta KPM tersalurkan seluruh Indonesia. Kemudian BLT BBM realisasi penyaluran per hari ini mencapai 89,10% khusus DKI Jakarta,” kata Sekjen Kemensos.
 
Selain itu, untuk BPNT/Sembako dengan target 18,8 juta KPM dalam proses penyaluran oleh PT. Pos Indonesia. Per hari ini (29/11) realisasi penyaluran BPNT/Sembako telah mencapai 80,40% khusus di DKI Jakarta.
 
Dalam pernyataannya, Harry menekankan, indeks bantuan PKH tergantung komponen, seperti komponen balita, anak sekolah, ibu hamil, lansia dan penyandang disabilitas.
 
Besaran BPNT yaitu Rp200 ribu/bulan sehingga total diterima per 3 bulan Rp600 ribu. Sedangkan untuk BLT BBM yaitu Rp150 ribu per bulan sehingga total diterima per 2 bulan Rp300 ribu.
 
Harry menjelaskan, Kemensos menggandeng PT. Pos Indonesia dalam penyaluran bantuan sosial ini dengan beberapa alasan. Pertama, hasil evaluasi penyaluran-penyaluran sebelumnya menunjukkan bahwa PT. Pos Indonesia mampu menyalurkan bantuan dengan cepat dan bisa mengurangi hambatan dalam penyaluran.
 
“Kedua, PT. Pos Indonesia memiliki kantor cabang yang merata di seluruh Indonesia. Hampir setiap kecamatan memiliki kantor pos termasuk daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar). Ini memudakan akses KPM dalam mengambil bantuan sosial,” katanya.
 
 
PT. Pos Indonesia juga memberikan layanan door to door untuk penyerahan bantuan langsung ke rumah-rumah KPM yang tidak bisa hadir ke kantor pos, seperti penyandang disabilitas, lansia dan KPM yang sedang sakit.
 
Ketiga, PT. Pos Indonesia menggunakan sistem yang sudah teruji.
 
“Mereka memiliki sistem untuk mengecek apakah KTP elektronik tersebut telah masuk data penerima bantuan dan mendeteksi bahwa yang hadir merupakan pemilik KTP elektronik tersebut,” katanya. 
 
Harry juga menegaskan bahwa Data KPM bersumber dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan sudah dipastikan padan oleh Dukcapil. 
 
"Ini amanah Ibu Menteri langsung. Beliau sangat antusias betul untuk memastikan semua bantuan yang disalurkan oleh pemerintah itu betul-betul sampai dan dibuat mudah," kata Harry.
 
Sejalan dengan hal itu, Dirjen Dukcapil yang sekaligus Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI, Zudan Arif Fakrulloh menyatakan mendukung penuh upaya Kemensos ini.
 
“Kami mendukung penuh Kemensos untuk memberi bantuan secara tepat sasaran dan kami berkolaborasi untuk itu," kata Zudan.
 
Zudan juga menjelaskan bahwa sejak KTP Elektronik diluncurkan tahun 2011, pihaknya menjamin tidak ada data ganda. Ia memastikan satu penduduk hanya punya satu NIK.
 
Jika ada data ganda, pihaknya akan melakukan tracing. Misal NIK beda, nama sama, nama orang tua sama, maka akan dipilih salah satu yang NIK-nya sudah terdaftar KTP Elektronik.
 
Selain itu, pemerintah juga memberikan akses jika ditemukan masyarakat yang layak menerima bansos namun belum memiliki NIK.
 
Baca Juga: Pemkot Bandung Lanjutkan Penyaluran Bansos pada 15.280 Keluarga

Kemensos bekerjasama dengan Ditjen Dukcapil akan membuatkan NIK kepada yang bersangkutan agar bisa menerima bansos.

"Jika ada yg butuh bansos tapi belum ada NIK akan kita buatkan NIK," kata Zudan.
 
Dalam kesempatan ini, Kemensos juga menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) berupa 2 kursi roda untuk lansia dan 3 paket sembako kepada KPM yang telah diasesmen kebutuhannya oleh Sentra Mulya Jaya Jakarta.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.