Pj Gubernur Heru Akan Mencanangkan Sertifikasi Kantin Sehat untuk Jamin Gizi Pelajar

14 Desember 2022 20:40 WIB
Pj Gubernur Heru pada saat membuka kegiatan sertifikasi kantin sehat sekolah di SDN 03 Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu pagi (14/12/2022).
Pj Gubernur Heru pada saat membuka kegiatan sertifikasi kantin sehat sekolah di SDN 03 Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu pagi (14/12/2022). ( Sonora FM Jakarta/ Oki Prakoso)

Sonora.ID - Dalam rangka melindungi serta mewujudkan kebutuhan gizi yang cukup untuk peserta didik (siswa/pelajar), Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono membuka pencanangan kegiatan sertifikasi kantin sehat sekolah di SDN 03 Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu pagi (14/12/2022).

Kegiatan ini mengusung tema "Kantin Sehat, Siswa Cerdas, Indonesia Hebat".

Saat berlangsungnya kegiatan tersebut, Pj Gubernur Heru didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Nahdiana; Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti; Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Penny Kusumastuti Lukito; Walikota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim; Kepala Dinas PPKUKM DKI, Elisabeth Ratu Rante Allo, serta Kabiro Kesejahteraan Sosial Setda DKI Jakarta, Iwan Kurniawan untuk meninjau langsung kondisi kantin sehat yang ada di SDN 03 Kapuk Muara.

Pada kesempatan ini, Pj Gubenur Heru menyampaikan apresiasi kepada Walikota Jakarta Utara, Dinas Kesehatan, dan Dinas Pendidikan yang telah menindaklanjuti arahan  untuk memastikan jajanan peserta didik yang sehat dan bebas dari zat-zat berbahaya. Salah satunya yaitu melalui Percepatan Sertifikasi Kantin Sehat dan Pemberdayaan Duta Pangan Sekolah di lingkungan Jakarta Utara.

Baca Juga: Pj. Gubernur Heru Budi Hartono: Inspeksi Mendadak Akan Terus Saya Galakkan

"Kesehatan peserta didik di lingkungan sekolah merupakan tanggung jawab kita bersama. Ini merupakan tugas kita untuk melakukan pengawasan dan pembinaan agar lingkungan sekolah aman bagi peserta didik. Sehingga, penyuluhan keamanan pangan kepada penjamah pangan kantin sekolah, inspeksi kesehatan lingkungan, dan pemeriksaan pangan patut diupayakan bersama dalam proses pencanangan kantin sehat di setiap sekolah," ujar Pj Gubernur Heru.

Selain itu, Pj Gubernur Heru memberikan arahan kepada jajarannya agar data Kantin Sehat Sekolah dapat diakses oleh masyarakat melalui aplikasi JAKI.

Dengan demikian, masyarakat mendapatkan kepastian keamanan pangan dan jaminan kesehatan untuk mengonsumsi makanan di kantin sekolah.

"Kami juga sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terwujudnya Kantin Sehat Sekolah. Saat ini  dimulai dari Jakarta Utara (SDN 03 Kamal Muara). Untuk selanjutnya agar diperluas ke Kota/Kabupaten Administrasi lainnya," kata Pj Gubernur Heru.

Selanjutnya, Pj Gubernur Heru mengungkapkan hal ini semua tidak lepas dari komitmen Pemprov DKI Jakarta tentang kesehatan sekaligus komitmen tentang kesejahteraan.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm