Waspada! Sejumlah Wilayah Di Jakarta Berpotensi Mengalami Pergerakan Tanah Pada Januari 2023

12 Januari 2023 16:16 WIB
BPBD DKI Jakarta memberikan peringatan dini adanya potensi pergeseran tanah disejumlah wilayah DKI Jakarta
BPBD DKI Jakarta memberikan peringatan dini adanya potensi pergeseran tanah disejumlah wilayah DKI Jakarta ( (Foto: @bpbddkijakarta))

Sonora.ID - Badan Penanggulangan Bencana Darah (BPBD) DKI Jakarta melalui akun media instagramnya @bpbddkijakarta, merilis informasi peringatan dini terkait adanya potensi pergesaran tanah yang terjadi disejumlah wilayah Jakarta. 
 
Dalam postingan tersebut tertulis, prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG.
 
Menurut informasi dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi), beberapa daerah di Provinsi DKI Jakarta berada di Zona Menengah, yaitu:
 
Baca Juga: Atap Kelas MIM Gemantar Sragen Ambruk, Dua Siswa Terluka

1. Jakarta Pusat, meliputi wilayah Kecamatan Menteng.

2. Jakarta Selatan, meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan, dan Tebet.
 
3. Jakarta Timur, meliputi wilayah Kecamatan Cakung, Kramatjati, Matraman, Pasar Rebo, dan Pulo Gadung.
 
Pada Zona Menengah dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.
 
Sementara pada Zona Tinggi, gerakan tanah lama dapat aktif kembali.
 
Kemudian BPBD mengimbau untuk kepada Lurah, Camat, dan masyarakat diimbau untuk tetap mengantisipasi adanya potensi gerakan tanah pada saat curah hujan di atas normal.
 
Sebelumnya, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono telah merespon imbauan tersebut. Heru menyebut tak ingin warganya khawatir dan tetap mengikuti arahan dari BPBD serta BMKG.
 
Baca Juga: Patahan Cugenang, Temuan Baru BMKG Penyebab Gempa Cianjur Bermagnitudo 5,6  

Masyarakat diimbau selalu membaca informasi-informasi yang disampaikan oleh BPBD DKI Jakarta termasuk BMKG (berkait potensi pergerakan tanah)," ucap Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (11/1/2023).

"Selalu membaca, sehingga bisa bersama-sama untuk melakukan aksi secepatnya," sambung dia.
 
Kemudian Pj Gubernur Heru menyampaikan telah menyiapkan relokasi (bagi warga atau daerah terdampak) apabila terjadi pergesaran tanah di wilayah DKI Jakarta.
 
Meski demikian ia berharap agar Jakarta dijauhkan dari segala bencana termasuk pergeseran tanah.
 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.