Bupati Etik Suryani Serahkan Beasiswa PIP kepada Siswa SD di Sukoharjo

8 Februari 2023 14:40 WIB
Bupati Etik Suryani Serahkan Beasiswa PIP kepada Siswa SD di Sukoharjo
Bupati Etik Suryani Serahkan Beasiswa PIP kepada Siswa SD di Sukoharjo ( Tribun Solo)

Solo, Sonora.ID - Para siswa dari SD se-Sukoharjo mendapatkan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) pada hari Selasa (7/2/2023).

Beasiswa tersebut diserahkan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani di Aula SMPN 1 Tawangsari. Etik Suryani juga tutur beri apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang telah mengadakan beasiswa PIP.

Seperti yang telah banyak diketahui, beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan program dari pemerintah untuk membantu anak-anak yang masih sekolah dari keluarga kurang mampu, miskin atau rentan miskin.

Kriteria penerima beasiswa PIP di antaranya sekolah berada dibawah naungan Kemendikbud RI, masyarakat miskin dan rentan miskin, siswa terdaftar di Dapodik dan masih aktif sekolah serta belum pernah mendapat beasiswa dari tempat lain.

Dengan adanya program tersebut, pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah. Etik Suryani telah mengungkapkan pihaknya berharap bisa menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya.

Beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) dapat digunakan untuk membantu biaya pribadi peserta didik seperti membeli perlengkapan sekolah, uang saku dan biaya transportasi.

Baca Juga: Bupati Sukoharjo Resmikan Kantor Pusat dan Kukuhkan Satgas PGRI

Ada sejumlah 29.694 siswa yang menerima bantuan beasiswa PIP baik dari sekolah dasar negeri maupun swasta pada tahun 2022. Sebelum itu, sudah ada sebesar 27.960 siswa yang menerima PIP jenjang SD di tahun 2021.

Etik Suryani mengungkapkan pendapatnya, menurut dia beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan salah satu wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Sukoharjo yaitu dengan memberikan pendidikan terbaik bagi masyarakat. Karena pendidikan yang berkualitas harus bisa dinikmati oleh seluruh peserta didik dari berbagai kalangan.

Kemudian Bupati Sukoharjo, Etik Suryani berharap dengan adanya bantuan beasiswa PIP tersebut mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu pemerataan pendidikan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Etik Suryani kemudian berpesan kepada seluruh peserta didik penerima bantuan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP), agar memanfaatkan bantuan dari pemerintah ini dengan sebaik mungkin dan digunakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik untuk keperluan pendidikan.

Selanjutnya, Etik menambahkan kepada seluruh kepala sekolah untuk menghimbau, memfasilitasi dengan baik untuk proses pencairan agar proses pencairan PIP dapat berjalan dengan lancar dan terstruktur.

Baca Juga: Bupati Sukoharjo Optimis Entaskan Kemiskinan Ekstrem

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm