5 Contoh Teks Diskusi tentang Kenakalan Remaja Sesuai Strukturnya

10 Februari 2023 11:11 WIB
Contoh teks diskusi tentang kenakalan remaja.
Contoh teks diskusi tentang kenakalan remaja. ( pixabay)

Sonora.ID - Melansir dari buku Super Complete SMP/MTS 7, 8, 9, teks diskusi merupakan jenis teks yang di dalamnya terdapat dua pendapat yang berbeda, yaitu pro dan kontra mengenai suatu hal.

Teks diskusi ini dibuat untuk mencari kesepakatan atau kesepahaman gagasan atau pendapat antara kedua belah pihak.

Seperti jenis teks lainnya, sebuah teks diskusi juga memiliki ciri-ciri khusus di antaranya memiliki struktur yang terdiri atas isi, argumen pendukung, argumen penentang, dan simpulan; memuat informasi yang informatif serta ciri kebahasaannya menggunakan kata hubung berlawanan, misalnya, tetapi, sedangkan.

Berbagai permasalahan atau tema pun bisa diangkat ke dalam sebuah teks diskusi. Contohnya, seperti kumpulan teks diskusi tentang kenakalan remaja yang dapat kamu jadikan sebagai referensi ini yang dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 5 Contoh Teks Eksplanasi Tanah Longsor yang Sesuai dengan Struktur

Contoh Teks Diskusi tentang Kenakalan Remaja

Contoh 1

Peran Orang Tua dalam Pergaulan Remaja

Isi

Pergaulan remaja sangat sekarang menjadi lebih mudah dengan adanya akses teknologi. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor munculnya perilaku yang menyimpang.

Banyak orang tua yang telah melarang anaknya untuk keluar di malam hari demi menghindari hal-hal yang negatif. Namun, ada juga yang membebaskan mereka untuk tetap beraktivitas.

Argumen pendukung

Pergaulan remaja tidak selamanya buruk, namun ada juga memiliki sisi baik. Misalnya, lebih mudah mendapatkan teman baru, hubungan pertemanan lebih dekat, dan sosialisasi lebih lancar.

Para orang tua dapat memberikan akses kepada anaknya untuk keluar malam dengan tujuan yang jelas serta batasan waktu tertentu.

Hal ini disebabkan karena beberapa hal atau kegiatan memang bisa dilakukan pada malam hari. Misalnya, mengerjakan tugas, makan malam bersama, maupun nonton bioskop.

Argumen Penentang

Meskipun memiliki sisi positif, nyatanya pergaulan bebas lebih banyak mendatangkan hal negatif. Misalnya, merokok, narkoba dan obat-obatan terlarang, seks bebas, mencuri, dan menipu.

Semua hal tersebut dapat merugikan anak itu sendiri, orang tua, maupun masyarakat yang berada di lingkungan sekitar. Tidak hanya itu, sang anak bisa mendapatkan sanksi, denda, hingga penjara.

Simpulan

Peran orang tua dalam mencegah sekaligus mengatasi pergaulan bebas sangatlah penting. Umumnya mereka terjerumus karena kurang mendapatkan perhatian di rumah.

Halaman Berikutnya
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.