Pemkab Klaten Segera Resmikan Taman Kuliner, Destinasi Kuliner Baru di Klaten

11 Februari 2023 18:24 WIB
Illustrasi Taman Kuliner
Illustrasi Taman Kuliner ( )

Klaten, Sonora.IDTaman Kuliner yang ada di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang terletak Jalan Mayor Kusmanto, Desa Semangkak, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten selesai dibangun.

Rencananya taman kuliner ini akan segera diresmikan pada Sabtu (25/2/2023) mendatang oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh wartawan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Klaten, untuk mwmbangun Taman Kuliner MPP, Pemerintah Kabupaten Klaten menggelontrokan anggaran lebih dari Rp 8,9 miliar.

Baca Juga: Food Truck VW Combi Koridor Ngarsopuro, Pilihan Kuliner Sabtu Malam di Kota Solo

Taman yang berdiri diatas lahan seluas lebih dari 7,9 hektar ini juga dibekali dengan sejumlah fasilitas untuk para pengunjung.

Saat memasuki kompleks Taman Kuliner MPP, pengunjung akan disambut dengan patung Srikandi yang dikelilingi oleh ornament yang terbuat dari besi dengan atap kaca.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Klaten juga menyediakan kantong parker yang disediakan bagi pengunjung kendaraan roda dua dan juga roda empat.

Pengunnjung yang menggunakan roda dua akan diarahkan ke sebelah kanan, sedangkan bagi pengendara kendaraan roda empat dapat memarkirkan kendaraannya di sebelah kiri.

Setelah itu, pegunjung juga akan disambut dengan taman hijau yang terdiri dari beragam tumbuhan hingga kursi taman untuk sekedar duduk bersantai atau berswafoto.

Pada area tengah taman, terdapat terowongan air mancur yang diapit kedua kolam di sisi kanan dan kiri.

Sesuai dengan namanya, taman tersebut akan menjajakan beraneka macam jenis makanan dan minuman.

Baca Juga: Pekan Promosi dan Kuliner Jadi Pembuka Festival Cap Go Meh 2574 di Pontianak

Sebagian besar penjualnya adalah pindahan dari pedagang kaki lima (PKL) yang dulunya ada di depan Masjid Raya Klaten.

Nantinya, para PKL ini akan menempati 44 kios yang ada di sana yang terbagi ke dalam 3 lokasi yang berbeda.

17 kios berada di sisi utara, sedangkan 19 kios berada di sisi timur yang terbagi dalam 2 lantai yakni lantai 1 terdapat 10 kios, sedangkan 9 lainnya berada di lantai 2.

Sementara itu, 8 kios lainnya merupakan area kios gerobak yang berada di ujung taman tersebut atau diapit oleh kios yang ada di sisi selatan dan timur.

Untuk menikmati hidangan kuliner yang dijajakan, Pemerintah Kabupaten Klaten menyediakan 60 set meja kursi, masing-masing kursinya bisa digunakan sebanyak 6 orang secara bersamaan.

Meja set tersebut ditempatkan di depan area kios bagi di siis utara maupun di sisi timur kios tersebut.

Fasilitas lainnya yakni terdapat 14 toilet, 2 diantaranya khusus bagi disabilitas.

Bagi warga disabilitas, tak perlu kecil hati, karena telah disiapkan jalan khusus untuk kursi roda sehingga dapat menikmati tempat tersebut.

Baca Juga: Hadir Kuliner Khas Mangkunegaran di Taman Pracima Tuin  

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm