BST Diusulkan Perluas Rute Hingga Masuk Karanganyar, Bupati Sambut Baik

24 Februari 2023 18:15 WIB
Bus Trans Solo (BST).
Bus Trans Solo (BST). ( Kompas.com)

Karanganyar, Sonora.ID – Berembus wacana penambahan jalur Bus Trans Solo (BST) masuk ke Karanganyar sampai Terminal Makuthoromo, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar mendapat sambutan baik oleh orang nomer satu di Karanganyar.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyampaikan, wacana tersebut dinilai bagus diterapkan.

“Bagus (wacana rute dari Dagen menuju Terminal Makuthoromo, itu bagus,” ujar Juliyatmono, Kamis (23/2/2023).

Dirinya mengatakan, apabila wacana tersebut terealisasi akan menumbuhkan perekonomian yang dilintasi jalur tersebut.

Ia juga mengaku ingin mendalami kajian BST koridor 8.

Baca Juga: Senkom Polri Jateng Minta Kadernya Netral Kawal Pemilu 2024

“Pada prinsipnya, saya sepakat upaya mengurai permasalahan angkutan dan lalu lintas, apalagi pengoperasiannya menumbuhkan geliat pariwisata di jalur tersebut,” jelas Juliyatmono.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar telah mengajukan usul untuk memperpanjang jalur Bus Trans Solo hingga masuk ke jalur wisata di Kabupaten Karanganyar.

Adapun usulan Pemkab Karanganyar seusai kesepakatan yakni BST akan melintasi wilayah Dagen Kecamatan Jaten, Wilayah Tasikmadu, Simpang Lima Beji, hingga Terminal Makuthoromo.

Rencananya, dengan adanya BST yang melintasi jalur utara diharapkan dapat memberikan solusi moda transportasi umum bagi masyarakat dan mengurangi penggunaan sepeda motor para karyawan pabrik lantaran jalur utara merupakan kawasan industri.

Baca Juga: Kecelakaan Maut di Tol Solo-Ngawi Tewaskan 2 Penumpang

Usulan rute BST melintasi jalur utara agar angkutan umum yang melitasi di Jalan Lawu dapat tetap beroperasi seperti angkutan umum Palur – Karaganyar – Bejen – dan bus rute Terminal Tawangmangu – Terminal Surakarta.

Plt Kadispora Karanganyar Titis Sri Jawoto mengatakan, usulan ini telah lama muncul sejak tahun 2021.

“Dikaji dari kajian sudah minta sampai Cemorokandang, jadi orang Jakarta, pada saatnya akan kebanggaan baru, generasi milenial dari Jakarta ke sini naik bus dan ramah lingkungan,” ucap Titis, Minggu (19/2/2023.

Disisi lain, Titis Sri Jawoto mengatakan, pihakya sudah mengusulkan kepada pengelola BST agar bisa sampai Cemoro Kandang, Tawangmangu, Karanganyar.

Baca Juga: Foto di Grojogan Sewu Karanganyar, Pengunjung Temukan Potongan Kaki Manusia

“Itu harapan kita, dari terminal naik BST bisa sampai Tawangmangu,” kata Titis.

“Saat ini, koridor 8 baru dibahas,” imbuhnya.

Sedangkan, Kabid Lalu Lintas Dishub Kabupaten Karanganyar, Bambang Prasetyo menuturkan, pihaknya sudah mengirimkan kajian terkait wacana perluasan rute BST hingga wilayah Kabupaten Karanganyar dari segi aspek manfaat dan dampaknya.

“Sampai sekarang belum ada kebijakan lebih lanjut terkait itu,” ujarnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm