Waspada! Longsor di Jalan Tembus Tawangmangu – Magetan Kembali Terjadi Lagi

2 Maret 2023 13:13 WIB
Longsor di Jalan Tembus Tawangmangu – Magetan Kembali Terjadi Lagi
Longsor di Jalan Tembus Tawangmangu – Magetan Kembali Terjadi Lagi ( )

Karanganyar, Sonora.ID - Terjadi lagi, jalur Karanganyar – Magetan kembali longsor. Peristiwa ini terjadi pada hari Selasa (28/2/2023) malam.

Longsor tersebut terjadi di jalan utama tepatnya dekat The Lawu Park di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Tingginya intensitas hujan dalam beberapa hari mendatang berpotensi menimbulkan bencana tanah longsor. Selain tanah longsor, warga di kawasan aliran sungai juga diminta mewaspadai bencana banjir.

Pengguna jalan di ruas jalan tembus Tawangmangu – Magetan diminta mewaspadai longsor susulan saat melintas di jalan tersebut.  Longsor tebing jalan tembus juga sebelumnya terjadi dua pekan lalu. Longsoran tersebut sampai menutup akses jalan tersebut.

Eko Joko Widodo selaku Camat Tawangmangu mengatakan jika kejadian tersebut terjadi tepatnya pada pukul 23.00 WIB.

Baca Juga: HUT ke 45, Pasar Modal Indonesia Alokasikan Ambulans ke Dinkes Karanganyar  

“Hujan deras di wilayah Tawangmangu, sehingga terjadi longsor di utama jalan Tawangmangu – Magetan, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar diatas Lawu Park,” jelas Eko saat diwawancarai oleh wartawan pada hari Rabu (1/3/2023).

Dari kejadian ini, beruntungnya tidak ada korban jiwa. Proses evakuasi material longsor langsung dilakukan malam harinya ketika longsor itu terjadi. Selanjutnya evakuasi dilakukan kembali pada pagi hari yakni hari Rabu (1/3/2023).

Akibat dari peristiwa longsor ini, sejumlah material menghalangi jalan seperti batang pohon, tanah, bebatuan berserakan dan sudah berhasil dievakuasi.

Tim sukarelawan, BPBD, polisi/TNI dan DPUPR Provinsi Jawa Tengah telah melakukan pembersihan lokasi dari material longsor

“untuk saat ini sudah dibersihkan, ada beberapa batang pohon yang menghalangi jalan sudah dievakuasi.” Katanya. “Masih ada sisa timbunan di pinggir jalan, tinggal nunggu alat berat dari Bina Marga DPUPR Karanganyar.” tambahnya.

Baca Juga: Terjaring Razia, Berikut Pendapatan Manusia Silver di Karanganyar

Aparat kepolisian membantu mengatur arus lalu lintas sehingga tidak menimbulkan kemacetan yang parah.

Hingga saat ini jalur sudah kembali normal, hanya saja mengingat hujan masih mengguyur disertai angin, maka pengguna jalan diharapkan selalu waspada.

Sebagai informasi, kurun waktu dua minggu terakhir sering terjadi tanah longsor di jalan tembus Tawangmangu – Magetan meskipun bisa segera ditangani. Namun kondisi tersebut membahayakan pengguna jalan jika lengah terutama saat musim hujan. 

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm