Minat Meraskan Nyepi di Bali? Berikut 5 Fakta Menarik Dibaliknya!

14 Maret 2023 14:15 WIB
Minat Meraskan Nyepi Di Bali, Berikut 5 Fakta Menariknya
Minat Meraskan Nyepi Di Bali, Berikut 5 Fakta Menariknya ( Pesona Travel)

Sonora.ID - Perayaan Nyepi tahun 2023 jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023. Pulau Bali dengan mayoritas penduduk beragama Hindu terlihat berbeda di kala perayaan ini berlangsung.

Terdapat beragam fakta menarik saat Hari Raya Nyepi di Bali, berikut rangkumannya:

  1. Pantangan umat Hindu pada Hari Suci Nyepi

Hari Raya Nyepi dirayakan dengan melaksanakan catur brata penyepian atau empat pantangan. Adapun empat pantangan yang dilakukan oleh umat Hindu saat Hari Raya Nyepi ialah amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), amati geni (tidak menyalakan api), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang).

  1. Jalanan kosong

Saat Hari Raya Nyepi tiba, jalanan di Bali terlihat lebih lengang daripada biasanya karena kendaraan selain mobil ambulans tidak perkenankan beroperasi. Ketika mobil ambulans mengantar pasien ke rumah sakit pun akan dikawal oleh pecalang (petugas keamanan desa).

Baca Juga: Mengenal Makna dari Rangkaian Kegiatan Umat Hindu di Hari Raya Nyepi

  1. Malam bertabur bintang

Udara di Bali tampak bersih karena udara bersih tanpa polusi. Kamu bisa melihat langit Bali yang dipenuhi oleh bintang saat Hari Raya Nyepi.

  1. Dirindukan oleh wisatawan

Saat Hari Raya Nyepi, mungkin ada yang menganggap bahwa Bali dihindari oleh wisatawan. Namun ternyata anggapan tersebut tidak benar. Sebab, banyak wisatawan yang sengaja menghabiskan waktu liburan di sana saat perayaan tersebut tiba.

Umumnya mereka juga ingin mendapatkan pengalaman spiritual dengan melakukan yoga atau meditasi di tengah keheningan Nyepi. Langit bertabur bintang juga dijadikan sebagai suatu daya tarik sendiri bagi wisatawan saat Hari Raya Nyepi.

  1. Rentetan pertunjukan budaya yang memikat

Banyak pertunjukan digelar sebelum dan sesudah Hari Raya Nyepi. Misalnya, penganut agama Hindu akan melakukan Melasti (sembahyang di laut) dua hari sebelum Nyepi.

Sementara sehari sebelum Nyepi, biasanya akan ada Mecaru atau pawai ogoh-ogoh. Untuk pertunjukan sehari sesudah Nyepi, kamu bisa lihat tradisi omed-omedan atau berciuman massal guna menolak bala.

Baca Juga: Pembuatan Ogoh-Ogoh Nyepi Saka 1945, Sekaa Teruna di Denpasar Dapat Uang Pembinaan Rp 10 Juta

  1. Harga hotel lebih murah

Hotel kerap menjadikan Hari Raya Nyepi sebagai ajang untuk memberikan paket menginap dengan harga murah. Biasanya dalam paket tersebut sudah termasuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Selain itu ada juga berbagai macam aktivitas menarik sebagai hiburan para tamu hotel saat Nyepi. Harga paket untuk menginap selama tiga hari dua malam juga dibanderol dengan harga 50 persen lebih murah dari hari biasa.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm