Arti Kun Fayakun dalam Surat Yasin Ayat 82 dan Maknanya dalam Islam

21 Maret 2023 15:25 WIB
Arti Kun Faya Kun.
Arti Kun Faya Kun. ( )

Sonora.ID - Kun fayakūn (Bahasa Arab: کُنْ فَیَکون ) adalah frasa Al-Qur'an yang berulang kali digunakan dalam ayat-ayat Al-Qur'an. 

Arti Kun Faya Kun

Kun berarti "ada" Kun fayakoon "berarti" Jadilah, dan itu akan terjadi. Itu berbicara tentang kejeniusan kreatif Allah yang luar biasa.

Makna literal dari kata-kata tersebut ada hubungannya dengan penciptaan dunia ini sesuai dengan Al-Qur'an.

Meskipun Al-Qur'an di berbagai tempat mengatakan bahwa Bumi dan Langit diciptakan dalam enam fase, kalimat yang menyebutkan Kun Faya kun melambangkan fakta bahwa, 'Ketika Dia menetapkan sesuatu, Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah!" Dan itu'.

Baca Juga: Doa Panjang Umur untuk Diri Sendiri dan Orang Lain dalam Islam

Dan menurut kitab suci inilah bagaimana penciptaan alam semesta dianggap menjadi kenyataan. Seketika, dengan kalimat Kun Faya kun.

“Kun faya kun” mengandung arti bahwa Tuhan tidak membutuhkan apapun lagi dalam penciptaan makhluk. Kehendaknya cukup untuk keberadaan mereka, seperti perintah panglima yang segera dilaksanakan.

Makna Kun Fayakun

- Kehendak Tuhan tidak pernah mengecewakan Dia; apapun yang Dia kehendaki akan menjadi ada seperti yang Dia kehendaki.

- Apa pun yang Tuhan kehendaki segera terwujud. Jadi, sehubungan dengan Tuhan, tidak ada yang secara bertahap menjadi ada. Hal-hal dianggap muncul secara bertahap ketika mereka dibandingkan dengan hal-hal lain dan sebab-sebab. Namun, beberapa orang berpendapat bahwa apa pun yang Tuhan kehendaki akan terjadi seperti yang Dia kehendaki. Sebagai contoh, jika Dia menghendaki langit dan bumi menjadi ada secara bertahap dengan 6 periode, maka mereka akan menjadi seperti ini, dan jika Dia menghendaki mereka menjadi ada secara instan, maka mereka akan menjadi ada secara instan.

- Meskipun frasa, "fayakun" (dan itu, atau jadilah), adalah bentuk waktu sekarang dalam bahasa Arab yang biasanya menunjukkan terjadinya suatu peristiwa di masa depan, itu tidak berarti bahwa hal itu menjadi ada di masa depan. masa depan. Kata depan, "fa" (secara harfiah: kemudian), tidak menunjukkan jarak sementara; sebaliknya, itu menunjukkan jarak hierarkis.

- Mengingat ayat-ayat Al-Qur'an, menjadi jelas bahwa perintah, ketetapan, penilaian, saran, kata, dan kehendak Tuhan adalah sama.

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm