Serasa Kurang Afdol Jika Lebaran Tidak Punya Uang Lembaran Baru

27 Maret 2023 21:05 WIB
Kepala BI Jabar  Erwin G. Hutapea (kiri/ikat kepala biru) saat jumpa pers usai meluncurkan SERAMBI di Halaman BI Jabar di Bandung, Senin (27/3/2023)/Gun
Kepala BI Jabar Erwin G. Hutapea (kiri/ikat kepala biru) saat jumpa pers usai meluncurkan SERAMBI di Halaman BI Jabar di Bandung, Senin (27/3/2023)/Gun ( )
 
 
Bandung, Sonora.ID - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Barat (Jabar), Senin (27/3/2023), resmi menghadirkan layanan penukaran uang lembaran baru secara serentak di tiga kantor Bank Indonesia, yaitu Bandung, Cirebon dan Tasikmalaya. 
 
"Tahun ini kami menyediakan layanan penukaran uang lembaran baru di 800 titik di seluruh Jabar. Layanan ini bertajuk "SERAMBI", atau Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri," ucap Kepala Perwakilan BI Jabar Erwin Gunawan Hutapea, saat jumpa pers di halaman BI Jabar, Jalan Braga Bandung.
 
"Kami menyiapkan uang tunai sebesar Rp18,3 triliun. Nilai ini lebih tinggi dari realisasi kebutuhan uang pada periode Ramadan dan Idulfitri tahun lalu sebesar Rp16,6 triliun," tutur Erwin.
 
Menurutnya, proyeksi kebutuhan uang masyarakat untuk memenuhi kebutuhan Ramadan Idul Fitri sebesar Rp17,4 triliun. 
 
"Jumlahnya meningkat, karena selama momen ini sudah tidak ada lagi PPKM, ditambah adanya pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik," papar Erwin.
 
"Secara spasial, kebutuhan uang tunai paling tinggi 64,2 persen, bersumber dari wilayah Priangan di luar Bodebek, diikuti wilayah Cirebon - Indramayu - Majalengka - Kuningan sebesar 21,5 persen, dan wilayah Priangan Timur sebesar 14,3 persen," ungkap Erwin.
 
Erwin menjelaskan, layana penukaran uang ini ada di 800 titik di seluruh Jabar, mencakup layanan penukaran di kantor perbankan di Jawa Barat, layanan kas keliling Bank Indonesia, penukaran di pusat keramaian seperti bandara, stasiun, terminal, dan rest area di beberapa ruas jalan tol. 
 
Khusus untuk layanan penukaran di kas keliling, kata Erwin, masyarakat diharapkan melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id.
 
 
Selain itu, lanjut Erwin, untuk semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan penukaran uang lembaran baru, BI Jabar bersama perbankan juga menyelenggarakan layanan penukaran terpadu khusus di wilayah Bandung Raya.
 
"Pada layanan terpadu ini, masyarakat dapat melakukan penukaran mulai tanggal 4 April sampai 18 April 2023 di halaman kantor Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Jl Braga No 108, Bandung," papar Erwin.
 
Layanan terpadu ini merupakan kerja sama Bank Indonesia Jawa Barat dengan 14 bank yang terdiri dari bank bjb, BCA, Mandiri, BNI, BRI, BTN, BSI, bank bjb Syariah, Bank DKI, CIMB Niaga, KB Bukopin Syariah, OCBC Bank, Bank Woori Saudara, dan Maybank Indonesia. 
 
Melalui layanan penukaran terpadu ini, masyarakat dapat melakukan penukaran uang dalam bentuk paket senilai Rp3,8 juta per orang yang terdiri dari masing-masing 1 paket uang pecahan Rp20.000,-  sampai dengan Rp1.000,-
 
Di akhir, Erwin menjelaskan, bahsa program SERAMBI merupakan wujud optimalisasi pengelolaan uang Rupiah menjelang hari raya yang berpedoman pada 3 nilai utama. Pertama, memastikan ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya. 
 
Kedua, sistem distribusi uang dan infrastruktur sistem pembayaran yang efisien, baik melalui layanan kas yang prima maupun dengan optimalisasi penggunaan QRIS dan BI-FAST. 
 
Ketiga, meningkatkan awareness masyarakat untuk “Cinta, Bangga, Paham Rupiah", yang dapat diterapkan dengan menggunakan Rupiah secara bijak. 
 
"Perilaku bijak dapat diwujudkan dengan belanja sesuai kebutuhan, tidak berlebihan, serta mengalokasikan dana secara tepat untuk berhemat atau menabung," tutup Erwin.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.