TPPS dan Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Kab Rokan Hulu Adakan Rapat Kerja: Perlu Upaya Maksimal untuk Mencapai Target

28 Maret 2023 17:25 WIB
Senin (27/3/23) dilaksanakan Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting di Ruang Pertemuan Rumah Dinas Bupati Kabupaten Rokan Hulu yang dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Letnan Kolonel Arh (Purn.) H. Sukiman.
Senin (27/3/23) dilaksanakan Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting di Ruang Pertemuan Rumah Dinas Bupati Kabupaten Rokan Hulu yang dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Letnan Kolonel Arh (Purn.) H. Sukiman. ( )

Pekanbaru, Sonora.ID - Memasuki tahun terakhir dalam upaya pencapaian target/sasaran RPJMN dan Renstra 2020-2024, Program Bangga Kencana dan Percepatan penurunan angka prevalensi stunting di Provinsi Riau semakin giat dilaksanakan.

Oleh karena itu, pada Senin (27/3/23) dilaksanakan Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting di Ruang Pertemuan Rumah Dinas Bupati Kabupaten Rokan Hulu yang dibuka langsung oleh Bupati Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Letnan Kolonel Arh (Purn.) H. Sukiman.

Diketahui berdasarkan hasil SSGI Tahun 2022, angka Stunting Kabupaten Rokan Hulu berhasil diturunkan menjadi 22 persen yang semula berada di angka 25,8 persen pada tahun 2021. Tentunya angka ini masih perlu diturunkan.

Mengingat target yang telah ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting yang disusul dengan Peraturan Kepala BKKBN Nomor 12 Tahun 2021 mengenai RAN PASTI diharapkan angka Stunting bisa diturunkan menjadi 14 persen di Tahun 2024.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Rokan Hulu, menyampaikan perlu adanya peningkatan upaya, sinergi dan kolaborasi dengan lintas sektor. Menurutnya upaya percepatan penurunan stunting ini tidak bisa dilakukan hanya satu OPD saja.

"Sebelumnya kami telah melakukan sinergi dan konvergensi, namun masih perlu upaya yang lebih maksimal lagi untuk bisa mencapai target yang telah ditetapkan. Untuk itu, kami terus memperkuat sinergitas program kerjasama lintas sektor mulai dari Dinas kesehatan, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Puskesmas, Kecamatan hingga ke tingkat desa, serta melibatkan 4 Tim Pakar/Ahli diantaranya Dokter Anak, Dokter Kandungan/Obgyn, Ahli Gizi, dan Psikolog. Mari kita tumbuhkan semangat kebersamaan untuk bisa bergerak bersama mengentaskan Stunting di daerah kita" jelasnya.

Baca Juga: Percepatan Penurunan Sunting dan Pelayanan KB Bersama Jajaran Polresta Pekanbaru

Ditempat yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Dra. Mardalena Wati Yulia, M.Si menjelaskan bahwa pertemuan ini bisa dimanfaatkan untuk penguatan peran dari masing-masing Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang telah dibentuk hingga ke tingkat Desa.

"Untuk TPPS Tingkat Desa yang diketuai oleh TP PKK Desa sendiri masih diperlukan adanya penguatan. karena belum maksimalnya pendampingan kepada keluarga beresiko Stunting. Selain itu, kita juga harus kembali menggerakkan 927 TPK yang ada di Kabupaten Rokan Hulu. Ketika semua sudah bergerak sesuai dengan perannya, diharapkan tidak ada lagi ditemui anak-anak beresiko Stunting" lanjutnya.

Selain itu, Sekretaris Daerah Rokan Hulu, Muhammad Zaki S.STP M.Si berharap program Bapak Asuh AnakStunting (BAAS) kembali digalakkan untuk membantu keluarga beresiko stunting yang disebabkan oleh ketidak mampuan secara ekonomi.

Bersamaan dengan ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis DAK Sub Bidang KB kepada Bupati Rokan Hulu sebesar 5.975.320.000. Tahun lalu realisasi DAK Rohul menempati posisi tertinggi ketiga se Provinsi Riau, harapannya DAK Sub Bidang KB tahun ini bisa terserap sepenuhnya dan terarah pengalokasiannya.Turut hadir Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Kesehatan, Bappeda, Puskesmas, Camat, TP PKK, dan Satgas Stunting Kabupaten Rokan Hulu.

Baca Juga: Tingkat Stunting Turun Di Kabupaten Pelalawan, BKKBN Riau: Kita Tidak Boleh Lengah

PenulisAdi Candra
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm