Lebaran Gabisa Pulang? Yuk Jaga Kesehatan Mental Kita Karena Kangen Kampung Halaman

30 Maret 2023 19:30 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi ( freepik)

Sonora.ID - Bulan Ramadhan sebentar lagi akan datang, sudah menjadi budaya di Indonesia lebaran ataupun bulan Ramadhan menjadi kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman tercinta.

Tapi sayangnya tidak semua orang bisa melakukan dan menghabis kan waktu di bulan Ramadhan adanya untuk berkumpul bersama keluarga di tahun ini.

Buat kamu yang merantau untuk menempuh pendidikan ataupun untuk bekerja pastinya menjadi sebuah tantangan ketika tidak bisa pulang ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama Sanak keluarga.

Pastinya rasa rindu atau yang kerap kita sebut sebagai homesick terhadap rumah dan keluarga akan datang ketika di bulan Ramadhan ini kamu tidak bisa pulang.

Pastinya rasa rindu atau homesick menjadi salah satu trigger atau penyebab masalah kesehatan pada mental untuk para orang yang merantau.

Sehingga penting sekali untuk menjaga kesehatan mental ditengah kondisi tidak bisa pulang atau mudik lebaran.

Berikut beberapa cara yang kamu bisa terapkan agar mental kamu tetap terjaga dalam mengatasi homesick :

Baca Juga: 7 Cara Atasi Homesick bagi Anak Kosan yang Jauh dari Orang tua, Ampuh!

-Yang pertama kamu bisa mencari kegiatan kegiatan positif yang kamu dapat digunakan sebagai pelampiasan yang positif juga atau cara untuk pelarian saat merasakan homesick dan menyebabkan gangguan pada kesehatan mental beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan berolahraga ataupun juga melakukan kegiatan kreatif mulai menulis, membuat karya seni dan masih ada beberapa cara lainnya.

-Kamu perlu untuk tetap terhubung dengan orang yang ada di rumah dan keluarga yang ada di rumah tentunya. Dengan melakukan hal tersebut tentunya kamu akan memiliki koneksi terhadap orang di rumah dan sedikit bisa melepas rasa rindu dan homesick kamu yang sudah Menumpuk tidak bisa pulang ketika libur lebaran, Cara yang paling mudah untuk kamu gunakan adalah menggunakan sosial media agar tetap terhubung dengan keluarga ketika lebaran.

Baca Juga: 20 Inspirasi Ucapan Permohonan Maaf Lebaran yang Tulus dan Menyentuh Hati

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm