Tinjau Lokasi Banjir Bandang Bupati Ingin Ada Kajian Mendalam Agar Peristiwa Serupa Tidak Terjadi Lagi

2 Mei 2023 14:05 WIB
H Ashari Tambunan meninjau Pemandian Nesia di Dusun III, Desa Sembahe, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Senin (1/5/2023).
H Ashari Tambunan meninjau Pemandian Nesia di Dusun III, Desa Sembahe, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Senin (1/5/2023). ( )

Deli Serdang, Sonora.ID - Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan meninjau Pemandian Nesia di Dusun III, Desa Sembahe, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Senin (1/5/2023). Lokasi wisata tersebut merupakan salah satu tempat yang terkena banjir bandang, Minggu (30/4/2023).

"Hari ini, saya bersama kepala-kepala dinas terkait datang langsung meninjau daerah-daerah yang terdampak bencana banjir bandang kemarin. Kemarin itu, kami memantau, banjir yang terjadi adalah banjir yang berasal dari derasnya/tingginya arus air dari hulu kemudian terdampak pada daerah ini," terang Bupati.

Bupati tidak menampik jika peristiwa serupa sudah pernah terjadi sebelum-sebelumnya. Maka dari itu, Bupati berkeinginan ada kajian mendalam atas bencana tersebut, sehingga ke depannya bisa ada pencegahan.

"Peristiwa seperti ini sudah sering terjadi. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang sesuai standar operasional prosedur (SOP) melaksanakan kewajibannya. Pertama, memastikan warga terbantu ketika menghadapi musibah ini. Kemudian, langkah-langkah untuk memastikan terselesaikannya dampak banjir bandang bisa diupayakan dalam waktu singkat. Dan lagi-lagi sesuai SOP, maka Pemkab akan melakukan kajian terhadap penyebab-penyebab terjadinya bencana seperti ini. Karena ini sudah berulang kali terjadi," papar Bupati.

Untuk melakukan kajian itu, sambung Bupati, akan dibentuk tim yang dipimpin oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs H Citra Effendi Capah MSP dengan melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan OPD teknis lainnya.

Selain itu, tim tersebut juga nantinya akan memberi laporan yang kemudian disampaikan ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan pemerintah pusat, dengan harapan ada kebijakan yang bisa dikeluarkan sebagai solusi agar bencana serupa tidak terjadi lagi ke depannya.

Baca Juga: Tutup Ramadhan Fair ke-17 Medan, Perputaran Ekonomi Tercatat 3.5 Milyar Lebih

"Dan berdasarkan kajian yang akan dipimpin Asisten I dan tentu saja melibatkan Kepala BPBD dan dinas teknis terkait, kami akan menyampaikan ke pemerintah atasan, pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk bagaimana mengupayakan tidak lagi terulang peristiwa seperti ini melalui kebijakan yang bisa menghilangkian penyebab-penyebab kejadian semacam ini. Tapi nanti apa itu, itu memerlukan kajian. Saya kira ini langkah yang paling penting, supaya yang kita lakukan tidak hanya sekadar menghadapi musibah, kemudian membantu masyarakat yang terkena musibah, tapi bagaimana memastikan itu tidak terulang lagi atau paling tidak terminimalisir kemungkinan terulang lagi," beber Bupati.

Ditanya soal adanya dugaan perambahan hutan dan galian C di bagian hulu, Bupati menegaskan hal tersebut nantinya akan menjadi bahan laporan Pemkab Deli Serdang, untuk bisa diambil tindakan oleh pihak-pihak yang berwenang.

"Nanti akan kita pastikan tentang informasi itu. Sekali lagi itu akan menjadi bahan laporan kami kepada instansi berwenang yang mengeluarkan izin atau yang mengendalikan proses-proses yang disebutkan tadi (perambahan hutan dan galian C). Karena itu sesungguhnya tidak menjadi kewenangan Pemkab Deli Serdang," pungkas Bupati.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm