Pengertian Novel: Unsur-Unsur, Jenis, Lengkap dengan Ciri-Cirinya

11 Mei 2023 18:30 WIB
Pengertian novel.
Pengertian novel. ( Gramedia)

Sonora.ID - Mengutip dari buku Novel dan Novelet, yang dimaksud dengan novel adalah sebuah karangan prosa yang panjang, mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak serta sifat setiap pelaku.

Kata novel diketahui berasal dari bahasa Italia, yaitu Novella yang memiliki arti sebuah kisah atau sepotong cerita. Sementara itu, penulis novel disebut dengan novelis.

Novel ini berbeda dengan cerpen. Perbedaan cerpen dan novel adalah dalam cerpen cerita yang diangkat jauh lebih pendek dan ringkas, sedangkan novel lebih panjang dan kompleks.

Baca Juga: Review Novel ‘Funiculi Funicula’: Kisah Kafe Kecil Pelintas Waktu

Unsur-Unsur Novel

Novel memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik berikut penjelasan lengkapnya.

Unsur Intrinsik Novel

  • Tema: pokok permasalahan yang ada di dalam suatu cerita dalam sebuah karangan novel yang ditulis penulis.
  • Penokohan: pemberian watak atau karakter pada masing-masing pelaku dalam sebuah cerita. Para tokoh bisa diketahui karakternya dari ciri-ciri fisik, lingkungan tempat tinggal, dan cara berperilakunya.
  • Alur: rangkaian-rangkaian kejadian yang menjadikan jalannya sebuah cerita dalam sebuah karangan novel. Alur diklasifikasikan menjadi dua macam, yakni alur maju dan mundur.
  • Gaya bahasa: alat utama pengarah dalam penjelasan atau penggambaran juga penghidupan cerita dengan estetika, contoh, majas personifikasi, simile, hiperbola.
  • Latar atau setting: penggambaran terjadinya sebuah kejadian dalam suatu cerita yang mencakup waktu, tempat, dan suasana.
  • Sudut pandang: penempatan diri pengarang dan juga cara pengarang dalam melihat kejadian atau peristiwa dalam cerita yang dijelaskannya untuk para pembaca.
  • Amanat: pesan yang diberikan yang ada pada sebuah cerita dalam suatu karangan novel.

Unsur Ekstrinsik Novel

  • Sejarah atau biografi pengarang.
  • Situasi dan kondisi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi cerita.
  • Nilai-nilai dalam cerita (nilai moral, sosial, budaya, dan estetika).

Jenis-Jenis Novel

Novel memiliki beberapa jenis atau macamnya, yaitu:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm