Rakernas III PDIP, Momentum Penting Mempersiapkan Strategi Pemenangan Pileg dan Pilpres 2024

5 Juni 2023 15:44 WIB
PDIP akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III pada 6-8 Juni 2023 di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan.
PDIP akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III pada 6-8 Juni 2023 di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan. ( )

Sonora.ID  - DPP PDI Perjuangan (PDIP) akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III pada 6-8 Juni 2023 di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Adapun, tema Rakernas III kali ini yakni 'Fakir Miskin dan Anak Terlantar dipelihara oleh Nagara'. Menurut Hasto, momentum Rakernas ini diambil bertepatan dengan Hari Lahir Presiden Pertama RI Ir. Soekarno pada 6 Juni 1901.

Di mana, nilai-nilai perjuangan  Bung Karno dalam menyejahterakan rakyat terus digelorakan hingga kini. Hal itu disampaikan Hasto saat konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin (5/6/2023).

Turut mendampingi Hasto, ketua DPP PDIP yang juga SC Rakernas III PDIP Djarot Saiful Hidayat dan Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Arif Budimanta.

"Mengapa Rakernas III ini mengambil tema 'Fakir Miskin dan Anak Terlantar dipelihara oleh Negara'? Karena Rakernas ini dilaksanakan bertepatan dengan hari Lahir Bung Karno, pada 6 Juni 1901 beliau lahir, dan Putra Sang Fajar terus memberikan inspirasi dan ideologi Pancasila itu digali dari seluruh harapan bangsa Indonesia khususnya dialog dengan Bung Karno dan Pak Marhaen di Bandung Selatan,"jelas Hasto.

Baca Juga: Hasto Tantang Denny Indrayana Tulis Surat Terbuka soal Kecurangan Pemilu pada 2009

Hasto menambahkan bahwa dalam Rakernas III PDIP ini akan dihadiri oleh seluruh jajaran DPP Partai, Ketua, Sekretaris, Bendahara DPD PDIP Se-Indonesia, pimpinan kelompok Fraksi poksi dari komisi I sampai Komisi IX Fraksi PDIP.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Bakal Calon Presiden (Bacapres) dari PDIP Ganjar Pranowo pun dijadwalkan hadir langsung dalam pembukaan Rakernas III itu. Sementara itu, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri juga akan menyampaikan pidato politiknya di hadapan seluruh kader PDIP.

"Pembukaan Rakernas akan dihadiri oleh Bapak Presiden Jokowi. Di dalam pidato politik, Ibu Megawati Soekarnoputri dan juga sambutan dan arahan dari Presiden Jokowi dengan mohon maaf nanti akan disampaikan secara tertutup," ungkap Hasto.

Hasto beralasan, bahwa pidato dari Ketua Umum Megawati dan sambutan serta arahan Presiden Jokowi digelar tertutup karena berisi soal strategi partai berlambang banteng moncong putih itu dalam menghadapi Pemilu 2024.

Tak hanya itu, dalam Rakernas III PDIP itu akan menyusun juga soal visi misi calon presiden Ganjar Pranowo.

"Mengingat Rakernas ini momentum yang sangat penting di dalam mempersiapkan seluruh strategi pemenangan Pemilu untuk 2024, berapa target yang realistis untuk menopang dari kepemimpinan nasional yang akan datang, dan kemudian juga bagaimana seluruh tahapan-tahapan Pemilu dapat bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya termasuk visi misi Capres yang dipersiapkan oleh partai yang akan berlangsung lebih dari 8 bulan ke depan," papar Hasto.

Hasto menambahkan, guna memantapkan pembahasan soal mengentaskan kemiskinan, PDIP akan melibatkan Tiga Pilar Partai yang terdiri dari 128 anggota DPR RI, 464 DPRD Provinsi, ada 18 Ketua DPRD Provinsi, kemudian 3.232 anggota DRPD Kab/kota, 54 persen kepala daerah, dan 1,2 juta pengurus partai di seluruh tingkatan.

"Semua akan mendorong apa yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi di dalam mengatasi kemiskinan ekstrem 0 persen pada 2024 itu dapat betul-betul berpadu. Bapak Presiden Jokowi berasal dari PDIP sehingga platform keberpihakan Wong Cilik juga akan dijalankan nantinya, di dalam perintah harian Ibu Ketum Megawati terkait dengan hal tersebut," kata Hasto.

Baca Juga: Usai Lari Pagi di Cirebon, Ganjar lanjut Sarapan Nasi Jamblang

Hasto menambahkan, Rakernas III PDIP tak hanya membahas soal strategi partai dalam pemenganan Pileg dan Pilpres 2024. Namun, PDIP akan membawa unsur kebudayaan serta olahraga dalam satu kesatuan menyambut Pemilu.

"Di tengah-tengah Rakernas akan digelar berbagai kegiatan yang sifatnya boleh diliput pers, termasuk bagaimana atraksi kebudayaan," kata Hasto.

Selain kebudayaan, Hasto menyebut setiap paginya selama tiga hari, seluruh peserta Rakernas III yang terdiri dari jajaran DPP Partai, Ketua-Sekretaris-Bendahara DPD PDIP Se-Indonesia, pimpinan kelompok Fraksi, Poksi dari komisi I sampai Komisi IX Fraksi PDIP, akan melaksanakan Senam Sicita (Senam Cinta Tanah Air) di halaman Sekolah Partai.

Hal tersebut dilakukan guna menjaga stamina serta kebugaran dari seluruh unsur partai dalam mempersiapkan Pemilu.

Terlebih, lanjut Hasto, kegiatan partai akan berjalan secara maraton hingga 253 hari menjelang Pemilu 2024.

"(Peserta) Rakernas dijaga betul staminanya sehingga setiap pagi di sekolah partai nanti ada Senam Sicita, Karena, ini kegiatan maraton, pemilu sekitar 253 hari lagi sehingga diperlukan stamina dan daya juang yang kuat," ujar Hasto.

Tag:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm