18 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat: Dijamin Langsung Cerah!

14 Juni 2023 17:15 WIB
Cara memutihkan atau mencerahkan kulit wajah secara alami dan cepat.
Cara memutihkan atau mencerahkan kulit wajah secara alami dan cepat. ( freepik)

Sonora.ID - Sebagian besar orang terutama wanita tentu menginginkan kulit wajah yang putih, cerah, bersih, dan sehat.

Namun, seperti yang kita tahu kulit orang Indonesia cenderung berwarna seperti sawo matang atau gelap.

Oleh sebab itu, tak sedikit perempuan Indonesia yang berlomba-lomba merawat diri dengan menggunakan produk-produk skincare yang mengandung bahan-bahan untuk memutihkan kulit.

Sayangnya, tak semua orang semua orang mampu membeli secara rutin produk-produk skincare untuk memutihkan kulit yang cenderung mahal.

Nah, bagi kalian yang ingin memutihkan atau mencerahkan kulit, tidak ada salahnya untuk menggunakan bahan-bahan alami yang dapat ditemukan di lingkungan rumah.

Apa saja sih bahan-bahan alami yang bisa membantu kita untuk memutihkan kulit wajah dengan cepat? Berikut ini paparan lengkapnya mengenai cara memutihkan wajah secara alami dan cepat, dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 7 Manfaat Timun untuk Wajah yang Kaya Antioksidan, Rutin Pakai Ya!

Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dan Cepat

Untuk memutihkan atau mencerahkan wajah secara alami Anda dapat menggunakan bahan-bahan berikut.

  1. Pisang: Kandungan vitamin A, B, C, dan E serta mineral seperti potasium dalam pisang dapat merawat dan meningkatkan kesehatan kulit agar terlihat cerah dan lembut.
  2. Susu segar: Kandungan protein, kalsium, dan vitamin C di dalamnya baik untuk kulit. 
  3. Mentimun: Dapat membuat kulit lebih segar dan cerah bersinar dengan kandungan antioksidannya.
  4. Minyak zaitun: Dapat menjadi pelembap alami yang bagus untuk kulit. Selain itu, flavonoid dan polifenol yang terkandung dalam minyak zaitun bisa melindungi kulit dari radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit. 
  5. Teh hijau: Membantu melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet, mengurangi inflamasi, dan memperlambat penuaan kulit.
  6. Minyak hati ikan kod: Kaya akan asam lemak omega-3, vitamin A dan D, serta eicosapentaenoic acid (EPA) and docosahexaenoic acid (DHA) yang sangat penting untuk kesehatan kulit.
  7. Wortel: Kandungan antioksidan dalam wortel bisa membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas. Beta-karoten dan vitamin A dalam wortel juga dapat meningkatkan tekstur serta kesehatan kulit.
  8. Saffron: Kandungannya berguna untuk menjaga kulit tetap bersih dan bersinar secara alami.
  9. Bunga mawar: Rendaman bunga mawar bisa membuat kulit lebih kencang, meredakan iritasi kulit, dan menjaga kelembapan kulit wajah.
  10. Tepung besan (gram flour): Bahan pengelupas sel kulit mati yang efektif dan tidak menimbulkan efek iritasi atau luka. 
  11. Tomat: Mengandung likopen yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan membantu mengurangi warna gelap akibat sinar matahari.
  12. Lemon: Vitamin C di dalamnya terbukti efektif mengurangi flek dan noda hitam di wajah.
  13. Kunyit: Mengandung kurkumin yang kuat sebagai antioksidan dan anti-peradangan. Kurkumin bisa menyingkirkan radikal bebas berbahaya yang bisa merusak kulit, meningkatkan produksi kolagen, dan menjaga kulit tetap cerah.
  14. Pepaya: Mengandung enzim yang berfungsi sebagai eksfoliator ringan yang dapat dengan lembut mengelupas bagian atas lapisan sel kulit mati di wajah sehingga kulit terlihat lebih bersinar.
  15. Madu: Menjadi pelembap alami yang bisa membuat kulit tetap terhidrasi dan membantu dalam menyamarkan noda hitam di kulit.
  16. Air kelapa muda: Memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang bermanfaat sebagai pencerah wajah.
  17. Minyak kelapa: Untuk kulit kusam, minyak kelapa bisa mengunci kelembapan kulit dan menutrisinya dengan asam lemak esensial.
  18. Lidah buaya: Gel lidah buaya bermanfaat dalam memelihara kesehatan dan menyembuhkan kulit yang luka. Kulit bisa tampak lebih muda dan cerah secara alami.

Bahan-bahan alami di atas dapat Anda gunakan secara terpisah atau Anda juga bisa mencampurkan beberapa bahan, misalnya, madu dengan gel lidah buaya.

Madu bisa dicampur dengan gel lidah buaya. Campuran kedua bahan itu lalu dioleskan ke wajah dan leher dengan rata. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain lembut. 

Anda pun dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan bahan-bahan di atas untuk meminimalisir kemungkinan adanya efek samping.

Baca Juga: 15 Manfaat Masker Putih Telur untuk Wajah, Bikin Makin Glowing

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm