Kepala BPKP: Pengawasan Intern Harus Adaptif!

19 Juni 2023 15:10 WIB
Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh.
Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh. ( Humas BPKP RI)
Sonora.ID - Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh menyebut, pengawasan intern merupakan komponen krusial dalam peningkatan kualitas tata kelola dan pengendalian intern, termasuk pengendalian kecurangan di masing-masing instansi.
 
Menurutnya, karakteristik environment dan budaya organisasi yang berbeda-beda, membuat APIP juga harus memiliki tantangan dan fokus pengawasan yang mungkin berbeda.
 
Pasalnya, dengan area pengawasan yang begitu luas, fokus pengawasan intern harus dipastikan dilaksanakan untuk memberikan dampak yang optimal kepada para stakeholders. 
 
"Idealnya, pengawalan akuntabilitas secara agregat harus dipastikan dapat menjangkau seluas-luasnya area strategis, baik pada level nasional maupun konteks pembangunan daerah," ujar Ateh saat membuka acara Expo Pengawasan Intern di Taman Mini Indonesia Indah Senin (19/6).
 
 
Menurutnya, pelaksanaan pengawasan intern menjadi lebih menantang di tengahperubahan lingkungan strategis yang semakin dinamis.
 
Sehingga, kata Ateh pengawasan intern dituntut untuk adaptif agar terus relevan membantu manajemen dan harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.
 
"Tujuan penyelengaraan ini adalah untuk menampilkan hasil kerja, karya, kontribusi inovasi, sharing pengetahuan (tentang Pengawasan) di masing-masing tempat," tegas Ateh.
 
Selain itu, penyelenggaraan acara itu juga dimaksudkan untuk membangun kolaborasi antara APIP di seluruh kementerian/lembaga, agar APBN dan APBD bisa akuntabel. 
 
"Sebagaimana arahan Bapak Presiden pada Rakor Pengawasan Internal pada 14 Juni 2023 lalu kita memperoleh amanah luar biasa. APBN dan APBD harus produktif," sambungnya menegaskan. 
 
Lebih dari itu, Ateh mengingatkan kepada seluruh APIP di kementerian/lembaga untuk bekerja secara profesional, guna memastikan uang negara yang dibelanjakan bisa bermanfaat. 
 
"Agar setiap rupiah yang dibelanjakan dari anggaran belanja negara harus konkret dan produktif," ucapnya. 
 
"Kita sebagai pengawas internal harus mengawal itu, jangan menjadi aksesoris lembaga saja," demikian Ateh menambahkan.
 
 
Sementara itu, Ketua Panitia BPKP Expo M. Fahrudin menyebut, kegiatan BPKP Expo ini diikuti oleh Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Kementerian, Lembaga dan daerah.
 
"Konsep kegiatan expo ini dikemas dalam kegiatan yang mengkombinasikan kegiatan bernuansa sharing pengetahuan dan hiburan. Selain pameran di booth, kegiatan ini juga mencakup kegiatan
talkshow dan paparan dari pemenang lomba call for paper dan Sintesa Hasil Pengawasan HUT BPKP," tutupnya.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm