5 Minuman Penurun Kolesterol, Cocok Jadi Hidangan Pelengkap Idul Adha

30 Juni 2023 11:30 WIB
Susu Kedelai (ilustrasi).
Susu Kedelai (ilustrasi). ( Pixabay)

Sonora.ID - Setiap perayaan Hari Raya Idul Adha selalu identik dengan makanan khas atau kuliner yang selalu disajikan. Seperti diantaranya Semur, Sop daging, Rawon dan sebagainya. 

Tapi beberapa orang mungkin merasa khawatir saat makan daging, salah satunya takut kalau kolesterol naik.

Risiko ini sebenarnya bisa dicegah maupun diimbangi dengan mengonsumsi  beberapa minuman penurun kolesterol.

Melansir laman Medical News Today dari kompas.com,  berikut ini rekomendasi minuman penurun kolesterol yang bisa dijadikan pelengkap hidangan di Idul Adha:

1. Susu kedelai

Susu kedelai termasuk ke dalam minuman yang rendah lemak jenuh. Food and Drug Administration (FDA) menyebutkan bahwa diet rendah lemak jenuh dapat membantu menurunkan kadar kolesterol hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Tapi saat mengonsumsinya, lebih baik hindari beberapa tambahan yang dapat memengaruhi nutrisi sehatnya seperti kurangi garam, gula atau lemak (dari susu) lainnya.

Baca Juga: Jangan Panik Kolesterol Tinggi Yuk Atasi Dengan Cara Berikut Ini


2. Jus tomat

Tomat kaya akan senyawa yang disebut lycopene, kandungan yang dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol jahat di dalam darah. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa mengolah tomat menjadi jus merupakan cara terbaik untuk mengoptimalkan tingkat kandungan likopennya

3. Smoothies beri

Buah beri kaya akan antioksidan yang kuat dan serat, kandungan yang cukup signifikan dalam menurunkan kolesterol tinggi. Buah ini juga sangat bervariasi sehingga bisa dipilih sesuai selera seperti stroberi, blueberry, raspberry, dan cranberry. Campurkan dengan susu rendah lemak atau yogurt dan es batu, blender sampai halus dan nikmati selagi dingin.

4. Oatmilk

Oat mengandung beta-glukan yang bisa membuat zat seperti gel di usus dan berinteraksi dengan garam empedu. Hal itu bisa menghambat penyerapan kolesterol dan membantu menurunkan kadarnya.

Menurut penelitian di tahun 2018 menemukan bahwa minuman oat seperti oatmilk dapat menawarkan manfaat pengurangan kolesterol yang lebih konsisten daripada gandum padat.

Baca Juga: Kadar Kolesterol Normal Wanita dan Pria Berdasarkan Usianya, Cek Disini

5. Teh hijau

Teh hijau mengandung senyawa yang disebut katekin yakni antioksidan yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam darah. Hal ini dibuktikan lewat penelitian di tahun 2015 pada tikus yang diberi minuman mengandung katekin dan epigallocatechin gallate selama 56 hari. Hewan tersebut mengalami penurunan kolesterol jahatnya hingga 14,4 persen dan 30,4 persen pada tikus yang menjalani diet tinggi kolesterol. Selain teh hijau, teh hitam juga dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi meski tidak seefektif teh hijau.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News

PenulisWilliam
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
90.4 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.0 fm
96.7 fm
99.8 fm
98.9 fm
98.8 fm
90.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
91.8 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
101.8 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm
102.1 fm